Bahaya Berolahraga Sampai OD

Berolahraga memang sehat. Jika dilakukan sesuai porsinya, tentu olahraga akan membantu kita mempertahankan kesehatan bagi yang sudah sehat dan meningkatkan kesehatan bagi yang sakit-sakitan.

Bahkan olahraga berlebihan bisa membuat bakteri dalam usus kita ‘bocor’ hingga masuk ke aliran darah. Akibatnya serius: keracunan darah, tulis peneliti sebuah studi. Akan tetapi, berolahraga dengan benar dan sesuai porsi masing-masing orang bisa membantu tuuh kita untuk mencegah hal mengerikan ini terjadi.

“Berolahraga dengan berlebihan biasa kita temui terutama di kalangan penggemar marathon, event ironman triathlon dan ultra marathon. Trennya makin meluas,” terang Dr. Ricardo Costa dari Department of Nutrition and Dietetics di Monash University.
Siapa saja disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dulu sebelum mengikuti event pertandingan semacam itu dan melakukan latihan dengan bertahap daripada melakukan latihan berlebihan dan tidak terukur dalam waktu yang terlalu singkat.”
Dua penelitian yang dilakukan para peneliti di Monash University menunjukkan bahwa berlatih dalam jangka panjang dan progresif atau bertahap bisa mencegah tubuh mengalami sepsis (kebocoran bakteri di usus ke aliran darah) karena berolahraga terlalu intens.

Costa mengatakan hampir semua partisipan studinya menunjukkan bukti sepsis saat uji darah dilakukan sebelum event perlombaan dibandingkan dengan setelah perlombaan. Akan tetapi, tubuh mereka yang melakukan diet seimbang dan latihan bertahap menunjukkan mekanisme kekebalan yang memadai dalam mencegah efek samping apapun yang mungkin muncul dalam berlatih berat.

Inilah mengapa perlu ada waktu jeda untuk rehat. Berolahraga gila-gilaan setiap hari mungkin adalah kegilaan tersendiri yang mengundang sakit yang justru ingin dijauhi. Jadi, dengar badan sendiri agar tidak overdosis. Ingat, yang baik kalaupun berlebihan akan menjadi tidak baik juga.

Leave a comment

Filed under health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s