Kedinginan di Kantor? Salahkan Standar Usang Ini!

Kantor terasa bak kulkas raksasa? Salahkan standar usang yang dipakai oleh manajemen bangunan Anda.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan dua peneliti Eropa yang dikutip laman CNN Money mengungkapkan bahwa sebagian besar perkantoran modern menggunakan sistem kendali suhu ruangan yang dioperasikan berdasarkan pada tingkat metabolisme rata-rata seorang peempuan berusia 40 tahun yang memiliki berat badan 155 pounds atau setara dengan sekitar 70,3 kg.

Itulah yang mungkin bisa menjelaskan mengapa para pekerja saat ini kerap merasa kedinginan di kantor mereka. Ternyata standar usang yang dipakai pertama kali tahun 1960-an itu masih dipakai dan sudah tidak relevan dengan kondisi masyarakat saat ini.

“Kami menemukan bahwa standar dunia – setidaknya untuk tingkat metabolisme – berdasarkan pada rata-rata pria,” ujar peneliti Boris Kingma pada laman CNNMoney.

Kingma dan Wouter van Marken Lichtenbelt, keduanya dari University of Maastricht Medical Center di Belanda, mempublikasikan temuan ilmiah mereka dalam jurnal Nature Climate Change hari Senin kemarin.

Keduanya yakin bahwa standar suhu tersebut sudah seharusnya diatur menurut “komposisi tubuh” manusia di suatu bangunan tertentu atau kantor tertentu. Hal itu akan memberikan suhu ideal bagi sebagian besar orang di dalam bangunan.

Masalah ini ternyata tidak cuma tentang gender namun juga mengenai “subpopulasi”, seperti warga lansia atau anak-anak, denan tingkat metabolisme yang berbeda daripada manusia tahun 1960-an yang masih dipakai sebagai standar.

Tentunya, karena para perempuan masih menjadi bagian substansial dalam tenaga kerja di dunia, mereka juga kerap terlihat di kantor memakai baju-baju tebal saat bekerja.

“Para perempuan umumnya lebih kecil dari laki-laki dan memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi. Sehingga tingkat metabolisme mereka lebih rendah 20 sampai 35 persen,” ujar Kingma yang bekerja sebagai pakar biofisika.

Dalam sebuah studi terkendali yang dilakukan pada 16 perempuan pekerja, para peneliti menemukan bahwa suhu ideal bagi perempuan ialah hampir 5 derajat Fahrenheit lebih tinggi daripada suhu ideal bagi kaum Adam.

Dan jangan lupa, tidak cuma wanita. Para pria dengan tingkat metabolisme yang berbeda dari standar tadi juga bisa menderita. Seperti saya, yang harus menghangatkan jari jemari yang kaku sepanjang jam kerja!

Leave a comment

Filed under health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s