Ingin Multitasking Lebih Trampil? Meditasilah Dulu

‎Bermeditasi dan mengerjakan lebih dari satu hal sekaligus sekilas seperti minyak dan air, tak bisa disatukan. Tetapi siapa nyana, keduanya berkaitan.

Pelatihan meditasi sebelum bekerja secara multitasking bisa membuat pekerjaan lebih efisien dan tingkat stres yang relatif lebih rendah.

Dikemukakan oleh para pengajar University of Washington bernama David Levy dan Jacob Wobbrock bahwa latihan meditasi bisa membantu orang yang bekerja dengan informasi mengerjakan tugasnya lebih lama dengan gangguan lebih minimal dan juga meningkatkan ingatan dan mengurangi stres.

Makalah ini dipublikasikan di edisi Mei Proceedings of Graphics Interface.

Levy, ilmuwan komputer, dan Wobbrock, peneliti interkasi komputer dan manusia, melaksanakan studi bersama dengan kandidat doktor Information School Marilyn Ostergren dan Alfred Kaszniak, pakar psikologi syaraf di University of Arizona.

“Bagi kami, inilah riset perdana yang mengeksplorasi bagaimana meditasi bisa mempengaruhi multitasking dalam suasana kerja yang sebetulnya,” ujar Levy.

Peneliti membagi para subjek menjadi 3 grup yang terdiri dari pada manajer SDM. Satu grup menerima pelatihan meditasi selama 8 pekan, yang satu menerima pelatihan relaksasi badan 8 pekan dan satunya tak mendapat pelatihan apapun namun setelah 8 pekan diberi pelatihan meditasi.

Sebelum dan setelah 8 pekan, para peserta studi diber ujian stres dalam bentuk tugas multitasking dari menggunakan surel, kalender, pesan instan, ponsel dan software pengolah kata untuk menyamai pekerjaan khas di lingkungan kantor.

Ternyata kelompok yang belajar meditasi mencetak kecepatan, akurasi dan durasi ketahanan kerja multitasking lebih baik. Stres yang mereka alami di pikiran lebih terkelola dengan baik meski dibebani pekerjaan bertubi-tubi. Sementara 2 kelompok berikutnya tak memberi laporan yang sama. Saat grup 3 diberi pelatihan meditasi, laporan mereka menjadi serupa dengan laporan grup 1 yang sudah belajar meditasi lebih awal.

Disimpulkan bahwa meditasi tampaknya membantu peserta berkonsentrasi lebih baik. Perhatian dan fokus peserta yang telah belajar meditasi lebih baik dan tak mudah terpecah. Subjek studi yang bermeditasi mampu bertahan lebih lama dalam multitasking dan tidak berganti pekerjaan lebih sering. Namun, waktu yang mereka gunakan lebih efisien dalam penyelesaian pekerjaan.

Wobbrock menegaskan banyak penelitian di bidang teknologi-manusia mencoba menciptakan teknologi yang mengumpulkan kemampuan manusia,” ungkap Wobbrock. “Riset tentang meditasi ini tak lazim dalam hal ia mencoba mengumpulkan kemampuan manusia bukan melalui teknologi namun karena teknologi, karena permintaan yang dibebankan teknologi pada kita dan kebutuhan kita untuk menjawab tuntutan tadi.”

(sumber :www.washington.edu/news/‎ foto: wikimedia)

1 Comment

Filed under writing

One response to “Ingin Multitasking Lebih Trampil? Meditasilah Dulu

  1. Sepakat nih. Meditasi itu membuat kita lebih aware sama isi pikiran kita, alhasil kita bisa berdamai dengan diri kita sendiri dan fokus kita jadi lebih meningkat.

    Saya juga ada tulisan tentang teknik meditasi yang bisa dipakai buat orang-orang yang dulunya skeptis sama metode ini (soalnya saya dulu juga skeptis sama meditasi): http://www.dibalikbuku.com/2015/08/3-cara-yang-saya-lakukan-dalam-latihan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s