Tetap Bersemangat Meski Minim Keringat

Dalam beryoga, orang biasanya mandi keringat. Apalagi dalam kasus para pemula, gerakan (yang terlihat) sederhana sudah bisa membuat napas tersengal, peluh bercucuran, otot-otot bergetar tanpa henti dan mulut melontarkan keluhan agar sang guru memberi keringanan. Kaos atau pakaian mungkin sudah tak mampu menyerap keringat. Mesti pakai handuk segera atau terpelanting di mat yang kena keringat. Handuk kecil pun kadang tak cukup. Harus handuk jumbo!

Akan tetapi, sebagian orang yang berbadan ‘kering’ mungkin tidak demikian. Tubuh mereka sukar dipanaskan, mirip mesin diesel. Tetangga di mat sebelah sudah berkali-kali menyeka butir-butir keringat di badan dan wajah, ia hanya sekali menyapu ’embun’ di dahi dan mengibasi punggung yang agak terasa gerah. Cukup itu. Sekali. Tak lagi-lagi.

Itulah yang saya alami.

Saya pernah ‘dituduh’ tidak melakukan pose-pose dan sekuen dengan maksimal alias cuma setengah-setengah dalam sebuah kelas. Padahal sudah sampai ‘jatuh bangun’ juga mengikuti setiap gerakannya. “Makanya kamu tidak berkeringat,” begitu tutur si instruktur.

Ia tidak tahu bahwa bagi saya, mengeluarkan keringat itu diperlukan lebih banyak waktu dan daya upaya.

Keringat yang diperoleh dengan susah payah tadi bisa lenyap begitu saja dari badan saya begitu tiupan angin sejuk mesin pendingin udara menyeruak. Semudah itu. Sesingkat itu. Dalam sekejap, saya tampak seperti orang yang belum mengikuti kelas yoga asana yang intens padahal sebaliknya!

Tubuh yang terlalu ‘kering’ ini memang lebih efisien mengelola energi. Bisa jadi karena cadangan energinya juga terbatas sehingga tak bisa leluasa memboroskannya. Mengangkat dan menggerakkan tubuh dengan indeks massa yang lebih rendah juga mungkin lebih hemat energi. Tujuan tercapai dengan lebih sedikit tenaga bagi para yogi yang bertubuh mungil. Dan sebaliknya bagi mereka yang berbobot di atas rata-rata. Setidaknya demikian logikanya.

[‎tags yoga asana, asana, yoga, yogi, english speaking yoga instructor jakarta, jakarta yoga guru, foto split handstand, handstand, foto handstand, split handstand]

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s