Sarjana.co.id Ingin Bantu Lulusan Baru Lanjutkan Pendidikan dan Mulai Karier

SETELAH berkecimpung di industri minyak dan gas, di tahun 2012 Setra meluncurkan Sarjana.co.id, sebuah situs yang ia maksudkan untuk menjadi suatu solusi terpadu terhadap masalah pendidikan tinggi di tanah air. Ia menyusun database yang berisi perguruan-perguruan tinggi di Indonesia dan berbagai informasi yang relevan bagi para calon mahasiswa yang hendak memilih jurusan. Dari sini, ia berupaya membuat model bisnis yang efektif untuk bisnis sosialnya tersebut.

Bulan Februari 2012 menjadi saksi perintisan bisnis barunya. Setra merekrut pegawai pertama untuk Sarjana. “Agustus di tahun yang sama, situs kami sudah siap diluncurkan dan sebulan berikutnya kami pun memperkenalkannya terhadap publik,” ujarnya.

Tahun 2004, Setra akan meneruskan pendidikannya. “Saya tidak punya orang untuk bertanya tentang bagaimana membuat keputusan itu karena orang tua saya lulusan sekolah menengah,” kenangnya. Kehadiran konselor di sekolah juga tidak banyak membantu dirinya menetapkan arah masa depannya di bangku perguruan tinggi. Ide untuk mendirikan Sarjana.co.id muncul dari pengalaman masa lalunya ini.

Pemuda asal kota Surabaya ini pernah mengenyam pendidikan di Australia kemudian mengikuti program pertukaran mahasiswa ke AS di tahun 2006. “Karena ekonomi Indonesia kurang bagus saat itu, orang tua saya mengatakan mereka tidak bisa lagi mendanai uang kuliah saya jadi saya harus menemukan sumber pemasukan lain, yaitu dengan bekerja paruh waktu dan mendapatkan beasiswa,” jelas lulusan Teknik Perminyakan ini pada saya.

Prihatin karena masih banyak generasi muda Indonesia yang tidak memiliki kesempatan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, Setra mengumpulkan pendanaan dari teman-temannya di AS.

Dari sana, ia mulai membantu beberapa anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi masih kebingungan untuk menentukan jurusan dan dananya. Setra pun membantu hingga mereka bisa masuk. Dan hal ini terus berlangsung selama 7 tahun.

Selama membantu anak-anak muda itu memilih kampus yang sesuai, Setra menyadari prosesnya cukup rumit. “Kita masih harus membaca brosur, sementara situs kampus-kampus masih banyak yang kurang informatif. Bahkan prosedur pendaftaran tidak dijelaskan dengan baik,” tuturnya tentang kondisi memprihatinkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Setra memutuskan untuk memberikan solusi lengkap termasuk melalui ranah digital dalam membantu mereka yang ingin kuliah.

“Saya dirikan Sarjana.co.id sebagai solusi satu atap bagi konseling pendidikan tinggi dan karier,” ungkapnya. Hingga saat ini, Sarjana sudah memiliki 70 ribu pengguna, klaim Setra.

Secara sederhana, Sarjana memberikan penjelasan mengenai masing-masing jurusan, apa yang akan dipelajari di dalamnya dan bagaimana karier yang bisa dipilih setelah lulus. 

Untuk membuat interaksi lebih mudah, Sarjana.co.id juga menyuguhkan fitur ‘live chat’ atau obrolan langsung mengenai masalah pendidikan tinggi kliennya. Ini menjadi salah satu cara bagi Sarjana untuk “menjadi teman bagi penggunanya,” ucap Setra.

Selama 3 tahun ini, Sarjana secara konsisten menyediakan layanan tersebut. “Tidak hanya sporadis atau sesekali saja tetapi kontinu.”

“Kami ingin generasi muda Indonesia menggunakan pemikiran kritis mereka dalam menentukan arah pendidikan tinggi mereka, dan membantu kampus-kampus untuk membidik para calon mahasiswa,” pungkasnya. (*/)

Author: akhlis

Writer & yogi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: