Mengenal Dompetku+, Paypal dari Indosat Ooredoo (Menuju #indosatdigitalnation)

CUkeA57UYAAojfY.jpgSebagai pengguna kartu IM3 selama 6 tahun terakhir, saya belum tahu dengan rebranding yang dilakukan perusahaan pemilik layanan seluler tersebut:.

Menurut kabar terbaru, setelah Ooredoo (artinya secara literal ialah “ingin”) dari Qatar mengakuisisi sebagian saham operator seluler Indosat, brand Indosat pun berubah menjadi “Indosat Ooredoo” (kunjungi www.indosatooredoo.com). Meski porsi sahamnya cukup signifikan, Ooredoo tidak serta merta menghapus nama Indosat karena dikhawatirkan akan menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna dan masyarakat luas.

Indosat Ooredoo (IO) berkeinginan Indonesia menjadi masyarakat digital. IO ingin memudahkan kehidupan pelanggan dengan menyediakan koneksi Internet tercepat dan layanan-layanan terbaru. Demikian kata Benny Hutagalung Pimpinan Divisi Pelibatan Konsumen (Customers Engagement) dari Indosat Ooredoo malam ini (25/11).

Andrini Novi dari Indosat Ooredoo selaku Pimpinan Branding yang juga hadir bersama Benny menandaskan bahwa langkah ini ialah upaya memenuhi tuntutan konsumen. Rata-rata tiga jam dihabiskan untuk menunduk memandangi layar ponsel cerdas. Indosat Ooredoo ingin menghadirkan dunia digital yang lebih baik bagi bangsa.

Tidak asal Rebranding

Logo Indosat Ooredoo punya kisah panjang. Sejak 2 tahun lalu sudah dilakukan survei logo yang pas untuk rebranding atau revamping. Kurang lebih 22 ribu responden disurvei untuk itu, ucap Novi yang berambut keemasan di depan. Sebanyak 100 usulan logo akhirnya disingkirkan sebelum logo yang sekarang dipakai.

Indosat fokus pada pengalaman konsumen dan berambisi menjadi perusahaan digital terkemuka atau the leading digital telco. Kebutuhan pelanggan menjadi prioritas utama.

Langkahnya apa saja? Novi menjelaskan bahwa akan ada 3 stream. Salah satunya pengembangan produk dan layanan. Artinya tidak akan ada produk dengan ketentuan rumit alias “syarat dan ketentuan berlaku”. Nah, ini yang kerap kali membuat pelanggan pusing tujuh keliling. Penyederhanaan layanan itu akan memudahkan kita memilih produk dan jasa yang ditawarkan tanpa harus repot membaca ketentuan dan persyaratan yang ukuran hurufnya halus itu.

Tren ecommerce dan metode pembayaran tanpa uang tunai alias cashless tak dilewatkan Indosat Ooredoo dengan meluncurkan aplikasi pembayaran daring bernama “Dompetku Plus”. Dompetku Plus bisa dipakai di merchant online mitra misalnya Cipika, toko daring (online shop) dari Indosat juga, selain kartu kredit.

Indosat menjadi yang terdepan juga dalam penerapan teknologi 4G. Syaratnya cuma tukar SIM card jadi kartu khusus yang mendukung jaringan tersebut.

Benny mengatakan platform icity juga menyambut masukan dari masyarakat. Sebuah pertemanan yang sangat dekat, demikian ungkapnya dalam menggambarkan hubungan antara konsumen dan Indosat Ooredoo.

Dampak rebranding pada produk Indosat dulu menurut Novi masih sama. Akan ada pilihan produk baru yang memberikan pengalaman lebih baik pada pengguna dengan harga rasional. Liberating product and services, begitu katanya.

Realiabilitas akan makin dijaga menurut Novi. Luas cakupan layanan itu akan Indosat tak mau menyuguhkan janji muluk-muluk tetapi memberikan solusi.

Indosat Ooredoo menjadi satu-satunya yang mempertahankan brand Indosat. Sementara di negara lainnya berubah total saat Ooredo masuk. Itu artinya Indonesia adalah pasar yang relatif unik dan istimewa.

Brand value telco menunjukan tren menurun. Dengan rebranding ini diharapkan akan terjadi kenaikan 20 sampai 30 persen, ungkap Novi.

Terus Siapkan 4G

Kesiapan penerapan teknologi 4G menurut Benny tergantung pada banyak faktor. Misalnya, ketersediaan perangkat 4G di sebuah kota. IO juga harus memikirkan ekosistemnya yang kompleks untuk 4G. SIM card 4G akan diluncurkan lebih luas nantinya terutama soal penukaran kartu SIM di Galeri Indosat. Layanan 4G sudah diluncurkan batch pertamanya di 15 kota. Kota-kota lain akan segera menyusul. Demikian kata Benny.

Ario Dimas yang baru saja masuk ke Indosat Ooredoo menerangkan pada kami bagaimana Indosat Ooredoo akan merevolusi metode pembayaran transaksi daring yang selama ini masih rumit karena menggunakan transfer ATM yang difoto lau dikirim ke pedagang sebagai bukti bayar dan kurangnya akses pada kartu kredit yang menjadi kendala sebagian besar masyarakat kita.

3 Keunggulan Dompet Plus

Platform Dompetku kini juga diubah jadi Dompetku Plus. Bedanya apa?Begitu tanya seorang peserta. Layanan Dompetku Plus dikaitkan ke email bukan nomor telepon, tutur Ario yang memberikan presentasinya dengan lancar malam itu. Ini berbeda dari Dompetku sebelumnya. Layanan baru ini mengedepankan aspek keamanan atau security karena Dompetku Plus tak mewajibkan penyerahan data ke satu pihak bukan pada banyak ecommerce sites yang mungkin bisa menyalahgunakan data rahasia Anda. Nantinya tidak perlu memasukkan data kartu kredit yang rahasia ke situs ecommerce.

Ada dua aspek keunggulan lainnya yang dimiliki Dompetku Plus menurut Ario:

Easy
Karena Dompetku Plus bisa dipakai siapa saja tanpa harus masuk dalam Indosat Ooredoo.

Exciting
Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play dan website. Untuk platform iOS akan menyusul.

Simpelnya ditunjukkan dengan tinggal masuk ke Cipika.com atau situs merchant lainnya yang menjadi mitra Dompetku Plus. Tinggal masukkan email dan kata kunci lalu bisa membeli secara daring di Cipika dan Wellcom. “Merchant (penjual -pen) ini jumlahnya masih akan bertambah,” tandas Ario lagi.

Dalam waktu dekat ini Cipika juga akan menebar tawaran menggiurkan berupa diskon akhir tahun. Berminat memanfaatkan peluang belanja daring ini lebih lanjut?

Unduh saja aplikasi Dompetku Plus dan Cipika di Google Play dan manfaatkan penawaran menarik bagi para pengguna pertama.

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s