6 Kiat Beryoga dengan Anak Anda

Anak-anak biasanya dianggap gangguan saat orang tuanya beryoga. Di banyak studio yoga, anak-anak bahkan dilarang masuk ke studio saat kelas berjalan. Padahal sebagaimana yoga, anak-anak juga bagian penting dalam kehidupan orang tua.
Bagi Anda orang tua, ubah asumsi bahwa anak Anda menghalangi latihan yoga Anda. Bagaimana caranya? Ini dia.
Fokus pada pose-pose dasar: Orang tua bisa membolehkan anak ikut dan meniru mereka saat memeragakan downward facing dog, warrior 2, cobra atau pose pohon. Semua ini pose-pose dasar yang relatif aman untuk mereka.
Biarkan mereka mengejutkan Anda: Ajari anak apa yang harus dilakukan namun jangan terlalu memaksa agar pose mereka sempurna. Izinkan mereka meniru sesuka dan semampu mereka. Sedikit pose acro yoga? Silakan saja. Asal Anda tahu tekniknya.
Bermain dengan pose-pose hewan: Peragakan pose-pose yang mirip dengan bentuk hewan. Misalnya, pose unta, kupu, kobra, kucing-sapi. Anda akan tekejut betapa mereka lebih bagus memeragakan semuanya daripada Anda sendiri yang sudah bertahun-tahun berlatih yoga.
Modifikasi agar lebih menyenangkan: Anak biasanya lebih lentur secara alami. Biarkan mereka melakukan pose yang lebih dalam jika mereka mampu. Seperti menyentuh kepala dengan telapak kaki dalam pose kobra. Jangan memaksa berlatih sampai akhir: Anak biasanya memiliki rentang fokus yang lebih pendek dari orang dewasa. Jika mereka mulai bosan dalam 5-10 menit berlatih yoga dengan Anda, izinkan mereka melakukan aktivitas lain.
Sediakan perlengkapan yoga anak: Bagi anak, memiliki perlengkapan yoganya sendiri adalah sebuah kemewahan dan motivasi untuk memulai. Daripada Anda memaksa mereka ikut kelas yoga Anda yang panjang dan membosankan, kenapa tidak memberikan mereka ruang dan waktu di rumah untuk berlatih sendiri sesuka mereka? (disarikan dari YogaJournal.com)

Leave a comment

Filed under writing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s