Akhlis Blog

Puasa Miliki Manfaat Anti Diabetes

feast_or_famine_in_warren2c_ri
Puasa terbukti memiliki khasiat kesehatan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Berkat sains, kita tahu beragam manfaatnya. (Sumber foto: Wikimedia Commons)

PUASA terus mendapatkan pengakuan dunia mengenai manfaat kesehatannya secara ilmiah. Sebuah eksperimen klinis terbaru menunjukkan bahwa pola makan yang mirip puasa memiliki manfaat kesehatan yang mirip dengan puasa setiap hari.

Sebuah eksperimen ilmiah membuktikan pola asupan yang biasa disebut sebagai ‘intermittent fasting’ memiliki khasiat memperpanjang usia dan meminimalkan risiko menderita penyakit degenaratif. Dalam pola ini, Anda tidak akan disuruh berpantang makan dan minum sama sekali sebagaimana puasa Ramadan. Anda cukup melewatkan makan pagi, makan siang atau makan malam serta masih dibolehkan minum asal yang tidak mengandung banyak kalori (minum teh, air putih masih boleh) sehingga secara teknis, pencernaan istirahat selama 16 jam sehari.  Namun, menurut riset ini Anda tak disarankan minum suplemen antioksidan karena malah membuat manfaat puasa tak maksimal.

Bagi Anda yang memiliki kondisi prediabetes (kadar gula darah puasa sudah lebih tinggi dari 120 padahal belum terdiagnosis diabetes dan biasanya masih merasa sehat dan usia masih muda), rajinlah berpuasa karena ternyata puasa menurunkan risiko diabetes juga. Puasa menekan tingkat hormon insulin. Menurut peneliti, tubuh mengeluarkan protein tertentu karena tekanan oksidatif sehingga muncul radikal bebas dalam jumlah sedikit dalam sistem tubuh ini. Karena ada radikal bebas, tubuh mengalami stres (makanya saat puasa tidak dianjurkan minum suplemen antioksidan). Kadar radikal bebas yang jumlahnya sedikit dan terkendali ini justru berdampak baik bagi perlindungan tubuh.

Dugaan ilmuwan ialah dengan memberikan stres oksidatif dalam tingkat rendah pada tubuh secara rutin, tubuh bisa membangun respon yang lebih baik terhadapnya. Peneliti menemukan bahwa puasa menurunkan kadar insulin sehingga tidak berlebihan jika puasa memiliki khasiat anti diabetes.

Lebih rinci, pola makan seperti apa yang dimaksud oleh para ilmuwan di sini? Mereka menguji subjek penelitian dengan memberikan asupan 650 kalori untuk hari khusus puasa sementara untuk hari berikutnya mereka diberikan kesempatan melahap sampai 4550 kalori. Dengan kata lain, mereka cuma makan 25 persen dari anjuran asupan kalori harian dan kemudian melampiaskan rasa lapar itu di hari berikutnya dengan makan sampai 175 persen dari jumlah kalori yang direkomendasikan. Makanan yang dimasukkan juga tidak sepenuhnya sehat dan segar. Mereka bisa makan biskuit, daging merah berminyak, dan sebagainya sampai sekenyang mungkin. Tetap efek menyehatkan puasa itu terasa. Namun, sayangnya bagi mereka yang mengonsumsi suplemen antioksidan semacam vitamin C dan E saat puasa, efek menyehatkan puasa tersebut malah lebih rendah alias kurang optimal.

Yang menarik adalah sebagian subjek penelitian ini mengaku lebih susah menjalani fase berpesta pora (makan sampai kenyang) daripada saat harus berpuasa. Aneh? Bagi saya sendiri, hal itu masuk akal karena makan itu termasuk jenis kegiatan yang menghabiskan energi dan waktu juga lho! Belum lagi saat tubuh harus mencerna makanan yang banyak dan berat, pastinya diperlukan energi lebih banyak lagi. Berpuasa membuat kita jadi lebih ringan dan gesit beraktivitas karena tubuh sudah tidak ada kewajiban mencerna dan mengolah makanan. Tetapi di saat yang sama, tubuh juga sudah tercukupi asupannya dari makanan dan minuman saat sahur atau makan terakhir sebelum berpuasa. Makanya, justru bagi sebagian orang berpuasa itu lebih mudah. (*/sumber: University of Florida)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star