Samsung Health: Cara Asyik Makin Bugar dengan Ponsel Samsungmu

intro_ss

Jujur saja tulisan ini BUKAN pesanan dari pihak produsen. Cuma ulasan apa adanya dari pengalaman pribadi saya sendiri dalam memakai fitur-fitur di aplikasi bawaan di ponsel cerdas Samsung A6 yang saya miliki. Menurut saya, aplikasi bawaan di ponsel ini meski tanpa dipakai dengan arloji pintar (smartwatch) pun sudah cukup berguna bagi saya. Apalagi jika dipakai dengan gawai pasangannya. Tetapi sekali lagi, hal itu tidak wajib sebab dengan memanfaatkan aplikasi bawaan ini di ponsel Samsung kita saja, sudah banyak manfaat yang bisa dituai.

Pertama-tama, mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa ponsel mereka sudah secara default memiliki aplikasi ini. Dengan kata lain, aplikasi Samsung Health ini sudah terpasang secara sendirinya di ponsel begitu kita membeli ponsel baru Samsung. Entah apakah aplikasi ini hanya terbatas pada seri A keluaran terkini saja atau ada di seri lainnya, saya belum tahu persis.

Aplikasi Samsung Health ini bisa dipakai oleh setiap orang dengan beragam tingkat kebugaran. Baik bagi mereka yang baru berniat memulai gaya hidup sehat dan aktif sampai para atlet yang sudah terbiasa berolahraga hampir tiap hari (kecuali hari istirahat).

Untuk Anda yang baru memulai, saya sarankan coba hitung langkah kaki dengan Samsung Health karena jalan kaki ialah jenis olahraga paling dasar dan mudah (kecuali Anda sudah memiliki keterbatasan fisik yang membuat berjalan susah). Jika jalan kaki terlalu ringan, coba jalan cepat (brisk walking) dan jika itu pun masih belum banyak berkeringat dan Anda mau meningkatkan intensitas, maka berlari dengan pelan dan teratur (jogging). Bila masih belum juga merasa tertantang, cobalah sprint atau lari cepat sehingga denyut nadi lebih kencang jadinya.

Selain mengukur jumlah langkah, Anda bisa menetapkan target jumlah langkah harian. Saya misalnya menetapkan target saya 6000 langkah per hari. Ini termasuk naik turun tangga pula. Bahkan loncat pun terhitung. Intinya, kaki kita bergerak dan ponsel yang kita pegang, kantongi atau bawa di tas sudah diatur untuk menghitung. Ponsel telah dirancang untuk peka pada gerakan sehingga saban ada guncangan ritmis saat ia dibawa, secara otomatis ia mencatat sebagai langkah kaki. Hanya saja, Anda kadang naik kendaraan bermotor dan guncangan itu pun dihitung. Jadi, supaya lebih akurat hasilnya, atur agar aplikasi tidak menghitung langkah dulu saat Anda naik kendaraan bermotor. Baru saat turun kendaraan, Anda atur lagi agar aplikasi bisa menghitung langkah. Agak repot memang tapi mau bagaimana lagi karena ponsel tak bisa membedakan guncangan akibat jalan kaki atau dudk di dalam mobil yang bergerak. Hasil pengukuran jumlah langkah akan disertai dengan jumlah kalori yang dibakar dan juga jarak yang ditempuh dalam kilometer. Menarik, bukan?

Bosan jalan kaki? Butuh ide latihan fisik lain agar Anda lebih bersemangat? Coba beragam jenis latihan fisik di repertoire Samsung Health. Klik di “Exercise” dan Anda akan temukan banyak jenis latihan fisik yang lazim dilakukan orang seperti Lateral Raises, Front Raises, sampai yang tidak lazim seperti Alpine Skiing, Archery, Canoeing, bahkan Hula-hooping. Lucu kan? Kalau Anda tinggal di alam bebas, mungkin itu semua bisa dilakukan tapi kalau tinggal di kawasan permukiman padat penduduk, tentu cuma angan-angan. Tapi tak masalah, Anda lakukan saja yang bisa dilakukan. Itulah intinya berolahraga yang sukses. Tidak cuma buat target dan akhirnya omong kosong. Do what you can do.

Semua waktu yang Anda isi dengan berjalan kaki, jogging atau lari, atau berolahraga semua itu, akan diakumulasikan secara harian ke dalam “Active Time”. Di tab “Track”, Anda akan bisa melacak pencapaian di hari yang sedang dijalani, sedang di tab “Trends” Anda akan disajikan dengan catatan/ riwayat waktu aktif Anda selama menggunakan ini. Turut diukur di dalamnya ialah taksiran jumlah kalori yang dihabiskan untuk melakukan seluruh aktivitas fisik tadi (tentunya jangan mengharapkan akurasi dan presisi) dan perkiraan jarak tempuh.

Di samping semua pencatatan kegiatan fisik tadi, Anda juga bisa mencatat asupan harian (sekaligus estimasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh), jumlah jam tidur setiap malam, berat badan, jumlah air putih yang diminum dalam ukuran gelas, manajemen berat badan, asupan kafein, glukosa darah, tekanan darah.

Jika masih ingin memaksimalkan aplikasi ini, Anda bisa memilih salah satu dari sejumlah program yang dirancang untuk mencapai tingkat kebugaran atau kondisi fisik tertentu. Untuk menemukannya, Anda bisa tap “Manage Items” => “Find More Programs”. Dan untuk memasang aplikasi kesehatan lainnya (dari penghitung kalori sampai pengukur jarak lari), Anda bisa ke “Find More Apps”. Anda akan digiring ke Google Play untuk memasang aplikasi yang Anda inginkan.

Untuk mengingatkan pengguna ponsel supaya menjaga gaya hidup aktif, aplikasi Samsung Health akan mengeluarkan pemberitahuan saban pagi yang dinamai “Daily Briefing”. Fungsinya untuk memberikan ulasan atas pencapaian kemarin dan mengingatkan target waktu aktif harian. Untuk lebih memacu semangat, pengguna juga akan disajikan dengan riwayat waktu aktif selama minggu sebelumnya. Dengan demikian, mereka akn terpacu untuk setidaknya memelihara pencapaian yang telah dibuat dan kalau bisa melebihinya dan menstabilkan itu agar terus konsisten dan menjadi kebiasaan dan cara hidup.

Saya misalnya menetapkan target untuk aktif secara fisik 60 menit setiap hari, berjalan 7000 langkah sehari. Ada kalanya saya sangat jauh melampaui target karena kebetulan saya sedang dalam suasana hati yang mendukung untuk berolahraga dan kadang jika hari sedang mendung dan cuaca dingin dan hujan deras, target itu menjadi tak tercapai.

Selain tab “Home”, ada tab “Together” yang membuat olahraga dan gaya hidup sehat ini menjadi lebih mengasyikkan karena bersifat sosial. Pencapaian Anda akan dibandingkan dengan rerata dalam kelompok pengguna aplikasi Samsung Health. Misalnya saya melangkah dalam sehari lebih banyak dari rata-rata langkah harian pengguna Samsung Health lainnya. Untuk kelompok usia, saya masuk di bawah rata-rata.

Samsung dengan cerdas menggabungkan gamifikasi untuk mendorong pengguna ponselnya berolahraga dengan memberikan tantangan global pada pengguna Samsung health setiap bulannya. Misalnya mereka akan ditawari untuk mengikuti tantangan Igloo yang bertujuan mendorong kita berjalan kaki sebanyak 150.000 langkah dalam dua hari! Sangat ambisius. Dan uniknya ada sistem ranking di sini sehingga bagi mereka yang kompetitif, hal ini cukup menantang. Sebetulnya akan menarik bila kita bisa berinteraksi dengan sesama pengguna Samsung Health di belahan bumi lain tetapi karena entah kenapa, saya tidak bisa menemukan teman di sini. Saya harus mengirimkan ajakan dulu pada teman-teman yang ada di kontak saya untuk menggunakan Samsung Health, barulah kami bisa berkompetisi di Samsung Health.

Bagi saya aplikasi ini cukup bagus dan patut diapresiasi, meskipun kelemahannya menurut saya adalah akurasinya. Jarak langkah setiap orang menurut saya berbeda-beda sehingga akumulasi jarak langkah pun juga nantinya berbeda-beda. Akan tetapi, untuk sebuah aplikasi digital yang bertujuan untuk mendorong pengguna agar lebih banyak bergerak dibandingkan duduk memelototi layar ponsel, aplikasi ini hemat saya relatif efektif. Cuma, Samsung perlu mempublikasikannya lebih luas agar lebih banyak orang tertarik.  (*/)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in health and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.