​Sopir Ojol Punya Cerita

on

MENGGEBU-GEBU sore itu ia bercerita pada saya. Soal customer yang orang kantoran tapi malas. Malas jalan kaki untuk menyeberang jalan dan malas berpikir, katanya.

"Maaf ya pak tadi nyuruh nyebrang tapi kan emang lebih hemat waktu aja daripada saya muter. Soalnya di puteran situ kan macet banget…," jelasnya tanpa saya minta.

Padahal saya juga diam saja, tidak jengkel di chat kami. Saat ia membalas dengan permintaan agar saya mau menyeberang sehingga ia bisa memangkas rute, saya bahkan hanya membalas "OK". Tidak ada penolakan, alasan, cing cong. Karena saya juga paham kemacetan yang bisa dihindari jika saya mau berjalan kaki menyeberang sebentar saja.

Ia mengambil kesempatan ini untuk mengguyur saya dengan uneg-uneg dalam hatinya.

"Ada orang kantoran yang nggak mau mikir tuh, pak. Saya udah bilang dia kalau mau cepet tinggal nyebrang aja. Eh, nggak mau. Di chat, nanya-nanya terus. Kapan sampe?!! Saking keselnya, pas saya udah sampe, saya cancel di depan mata dia. Biar kapok!" serunya gregetan.

"Cuma bayar delapan ribu aja udah sok!" katanya gemas. Ia sengaja membatalkan order di depan customer rese itu karena ia sudah lelah secara psikologis.

"Kita butuh duit tapi kalau caranya gitu, saya masih punya harga diri lah. Batalin aja. Dia teriak, ‘Kok dibatalin!’ Saya bilang,’Ya jangan mentang-mentang situ customer terus bisa seenaknya…’"

Rupanya dendam kesumatnya meledak setelah melihat si customer ini mengomel di chat aplikasi dan pengemudi ojol kita ini cuma diam saja. "Emang saya biarin," ucapnya lagi.

Saya hanya mengiyakan sepanjang ia berkeluh-kesah. Terus saja ia bercerita seakan orang-orang kantoran adalah makhluk bebal.

Tampaknya kita makin harus memaklumi bahwa dalam sharing economy ini setiap orang juga memiliki kedudukan yang setara. (*/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.