Bahaya Malas Berolahraga Saat Puasa dan Libur Lebaran

‘Mager’ alias malas gerak sudah merebak saat bulan puasa. Dengan dalih menghemat tenaga, kita hentikan rutinitas olahraga. Padahal saat sahur dan buka, volume asupan lebih gila-gilaan dari sebelum puasa. Akui saja.

Nah, jelang Idulfitri seperti sekarang, kondisi mager ini makin diperparah dengan membanjirnya pasokan makanan kemasan padat kalori yang pastinya memberatkan kinerja tubuh. Olahraga belum dimulai lagi, tapi asupan sudah bertambah dengan pesat. Tak heran nanti lebaran ada saja yang sakit. Pernah beberapa tahun lalu saya menjenguk teman yang terdiagnosis overeating alias kelebihan makanan saat musim libur lebaran. Makan pedas banyak tiba-tiba membuat lambungnya jebol.

Sindrom ‘mager’ ini juga menyimpan bahaya kesehatan lainnya. Jangankan sebulan, ternyata cukup dua minggu saja mager, tanpa olahraga sama sekali, kita sudah mengalami kemunduran kebugaran. Bayangkan Anda yang sudah lupa terakhir olahraga. Nah!

Berdasarkan studi para peneliti di the University of Copenhagen, ditemukan bahwa hanya butuh waktu dua minggu bagi orang usia muda untuk kehilangan sepertiga kekuatan plus massa otot mereka. Dua minggu tanpa olahraga ini bisa saja karena malas, atau sedang liburan, atau memang tengah masa pemulihan akibat luka atau cedera.

Manusia yang masih muda (remaja, dewasa muda usia 20an) yang sangat jarang bergerak apalagi berolahraga rutin, mengalami penurunan kekuatan dan massa otot dengan cepat bahkan jika dibandingkan para lansia yang cuma kehilangan seperempat kekuatan dan massa otot saat ‘mager’. Tak heran kalau seseorang yang tampak muda bisa dicatat memiliki usia yang lebih tua (bisa 10 bahkan 20 tahun lebih tua) jika mereka malas berolahraga.

Tapi bahkan bagi lansia, kekuatan dan massa otot ini penting bagi kualitas hidup yang lebih baik dan lebih panjang karena mereka tidak akan bisa melakukan kegiatan sederhana sehari hari seperti berjalan dan berdiri atau ke kamar mandi jika otot-otot mereka tak berfungsi dengan baik.

Jadi, saat kita bicara kekuatan dan massa otot, jangan berpikir ini cuma penting bagi para atlet terutama binaragawan. Semua manusia tanpa kecuali perlu otot yang baik, tidak perlu sampai besar atau kekar bak Ade Rai, tetapi cukup yang fungsional, proporsional dan sehat. Dan ini bisa dicapai tanpa harus berolahraga di pusat kebugaran mahal saban hari dan mengonsumsi suplemen mahal.

Olahraga kardiovaskuler (seperti senam aerobik, jalan kaki cepat, lari, bersepeda) juga dianggap belum cukup bila kita ingin mempertahankan kekuatan dan massa otot. Selingi juga rutinitas kardio itu dengan latihan angkat beban. Tidak perlu sampai terlalu berat. Namun, cukup berat untuk menantang otot Anda agar tidak malas dan menyusut. Misalnya, untuk tangan, Anda bisa pilih barbel 1 atau 2 kg untuk memulai. Dan begitu sudah terbiasa, terus tambahkan sekilo dan sekilo lagi. Perlahan tetapi pasti.

Tak suka olahraga beban? Cukup gunakan berat tubuh sendiri. Olahraga sederhana yang familiar seperti squat, push up, sit up, dsb sudah cukup berfaedah jika Anda pemula. Asal teknik benar, Anda akan bebas cedera.

Kalau saya sendiri, di musim liburan seperti sekarang memilih untuk melakukan kombinasi yoga, gymnastic bodyweight training, pilates dan resistance band sebagai ganti dumbbell di rumah. Jadi, tidak perlu menunggu liburan usai baru mulai olahraga.

Takut batal puasa karena haus saat olahraga? Saran saya, kurangi intensitas olahraga kita. Misalnya kalau biasanya kita sanggup 4 set melakukan push up, kurangi jadi 3 atau 2 set saja. Lakukan penyesuaian volume latihan lainnya juga bila perlu. Intinya, jangan berhenti sama sekali. Tetap bergerak! (*/)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in health and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Bahaya Malas Berolahraga Saat Puasa dan Libur Lebaran

  1. dwimp3 says:

    gue banget tuh. sampe ada gejala wasir.
    lebaran ini rencananya nggak mudik, tapi tidur aja deh seharian berhari-hari sampai liburan selesai. atau mengurung diri di kamar nonton film sama anime.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.