Tunda Alzheimer’s dengan Gosok Gigi

human skull with white background

Photo by Pixabay on Pexels.com

TUBUH kita adalah sebuah sistem yang dirancang secara unik. Dan karena ia adalah suatu kesatuan maka tidak aneh jika kita menemukan bahwa satu keluhan di organ tertentu bisa mempengaruhi organ lain yang mungkin kita pikir tidak atau kurang berkaitan.

Pendekatan holistik memang sangat diperlukan dalam memecahkan masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang turut mendapat sorotan beberapa tahun terakhir ini yakni penyakit Alzheimer’s.

Saya sendiri baru mengetahui apa dan bagaimana penyakit ini setelah menyaksikan serial “Grey’s Anatomy”. Saat itu diceritakan ibu Meredith Grey sang protagonis menunjukkan penurunan daya ingat, yang kadang muncul tetapi kadang menghilang begitu saja. Saat ingatannya berfungsi normal, ibunya bisa mengenali Meredith, tetapi begitu Alzheimer’s mengambil alih, ibunya sama sekali tak mengenali anaknya sendiri. Sangat menyedihkan. Mungkin lebih menyedihkan melihat orang yang kita cintai mati seketika tetapi menyaksikan orang yang kita cintai tidak mengenali kita lagi dan melupakan kita juga saya pikir sama perihnya.

Alzheimer’s adalah salah satu di antara begitu banyak penyakit di dunia yang masih belum diketahui secara pasti penyebab pastinya. Dan karena itulah, yang bisa kita lakukan sementara waktu ini ialah mengetahui cara agar dapat memperlambat atau sekadar menurunkan risiko.

Baru-baru ini saya membaca bahwa kemalasan menjaga kesehatan gigi dan mulut berhubungan dengan Alzheimer’s. Temuan yang didapat oleh tim peneliti University of Bergen ini menyatakan bahwa memang ada kaitan erat antara penyakit gusi dan penyakit Alzheimer´s.

Para peneliti menemukan bahwa saat seseorang menderita penyakit gusi (gingivitis), risikonya menderita Alzheimer’s juga naik.

Bagaimana bisa hal itu terjadi?

Mereka merinci bahwa bakteri yang memicu penyakit gusi bisa bergerak dari area mulut menuju otak. Logis, karena letak mulut dan otak kita sangat dekat.

Bakteri menghasilkan sejenis protein yang menghancurkan sel-sel syaraf di otak dan kemudian memicu penurunan daya ingat yang mengarah pada penyakit Alzheimer´s.

Dikatakan bahwa keberadaan bakteri di mulut bukan penyebab Alzheimer’s tetapi adanya bakteri mempertinggi risiko menderita penyakit tersebut secara signifikan serta mempercepat Alzheimer’s menggerogoti ingatan penderitanya. Dengan kata lain, kesehatan mulut dan gusi yang buruk adalah katalis yang ‘baik’ bagi Alzheimer’s.

Tak hanya menggosok gigi tetapi kita juga disarankan menggunakan benang gigi atau dental floss agar pembersihan makin sempurna. Apalagi jika kita terlanjur menderita penyakit gusi dan di keluarga sudah ada anggota keluarga yang menderita Alzheimer’s. Dengan faktor risiko yang setinggi itu, seseorang wajib memeriksakan diri secara teratur ke dokter gigi dan membersihkan gigi dengan rutin dan sebaik mungkin.

Bagaimana dengan kita yang mungkin tidak memiliki risiko Alzheimer’s setinggi itu? Fakta bahwa tidak ada anggota keluarga yang terdiagnosis menderita Azheimer’s dan gigi serta gusi kita sehat-sehat saja tidak serta-merta membuat kita bisa malas menggosok gigi. Karena menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi juga penting untuk kesehatan secara umum, termasuk mencegah serangan jantung seperti yang pernah saya tulis.

Jadi, jangan malas menggosok gigi dua kali sehari ya! (*/)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in health and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tunda Alzheimer’s dengan Gosok Gigi

  1. dwimp3 says:

    kalau pulang kemaleman udah ngantuk, abang. gak sempat gosok gigi. jadi pagi aja yang rutin.

    • akhlis says:

      Justru malam itu yg paling utama karena udah seharian buat ngunyah. Sisa makanan semalaman dibiarkan ya sudah mulai mengerak. Idealnya habis makan pagi disikat. Sebelum tidur juga. Jadi nggak sakit gigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.