Pengalaman Update Sistem Operasi Samsung A6

Beberapa hari lalu saya mendapatkan pengalaman berharga mengenai betapa berharganya sambungan internet nirkabel yang berkecepatan tinggi.

Ponsel saya Samsung A6 keluaran 2018 yang baru saya beli Agustus tahun 2018. Terbilang anyar.

Lakukan pembaruan sistem operasi Anda di Pusat Layanan Samsung resmi kalau tidak ingin ada masalah. (Dok

Selasa sore saya mendapatkan pemberitahuan bahwa sistem operasi/ software di ponsel cerdas ini bisa diperbarui dengan mengunduh file tersebut.

Saya lakukan sesuai rekomendasi. Karena menurut hemat saya, memperbarui software ponsel akan memberikan lebih banyak manfaat terutama di sisi keamanan. Sistem operasi yang usang memberikan banyak celah keamanan yang bisa diterobos oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saya sukses mengunduh file tersebut dan kemudian memasang (instal) di ponsel. Sejauh ini tidak ada masalah.

Masalah: Dari Restart Sampai File Hilang

Ponsel beberapa kali mati dan hidup kembali (restart) dan entah bagaimana, saya mendapati saya harus menerima bahwa file-file foto dan video serta audio di ponsel harus direlakan untuk terhapus!

Apaaaa??!

Sontak saya terkejut dan syok.

Apalagi saya baru saja liburan dan masih banyak foto-foto serta video yang belum saya unggah ke media sosial.

Sebenarnya saya tipe orang yang tidak begitu rajin mengunggah file sebagai cadangan (backup) di Samsung Cloud (mirip iCloud tapi punya Samsung, dengan kapasitas lumayan besar juga 15 GB). Kalau ada file yang hilang, saya hanya mengikhlaskan saja. Haha!

Namun, kali ini saya rupanya tidak hanya harus merelakan file-file itu hilang begitu saja.

Ponsel saya juga tiba-tiba restart berulang kali.

Mengisi daya ponsel di Samsung Service Center. (Dok. pribadi)

Dan ini di luar batas kewajaran, sebab hal itu terjadi ratusan kali. Dari sore sejak saya melakukan pembaruan hingga keesokan harinya, sampai baterai ponsel itu mati sendiri karena terkuras akibat hidup-mati terus-terusan.

Alhasil, kegiatan berkomunikasi terpaksa ditangguhkan. Memesan ojek daring pun terpaksa dengan meminta bantuan teman.

Untungnya saya bukan tipe orang yang membuang atau menjual ponsel lama yang masih berfungsi baik. Dan di situasi darurat seperti ini ponsel lama itu bisa sangat membantu.

Saya kemudian memakai iPhone 5 lama saya yang tersimpan baik di lemari dan komunikasi berjalan lancar kembali dengan lancar.

Karena ingin segera memperbaikinya, akhirnya saya putuskan mencari nomor layanan Samsung dan mendapatkan nomor bebas pulsa 08001128888.

Langsung tanpa ragu saya hubungi dan mendapatkan sejumlah pertanyaan dari si petugas. Ia memastikan apakah saya sudah mengecas ponsel karena siapa tahu baterainya tidak terisi penuh sehingga ia gagal dioperasikan. Saya jawab mantap, TIDAK. Insiden mati-hidup ini tidak wajar dan bukan karena baterai kehabisan energinya.

Kemudian saya ditanya apakah mengunduh file pembaruan itu via sambungan seluler atau wifi. Saya jawab wifi, dan ia menjawab bisa jadi gangguan itu akibat sinyal wifi yang kurang stabil sehingga file yang seharusnya diunduh dan dipasang tidak lengkap atau, entahlah…pokoknya menjadikan ponsel jadi kurang beres.

Nah! Saya kemudian berusaha ingat-ingat memang wifi yang saya gunakan itu beberapa kali mati dan hidup tanpa terduga. Ah, itu rupanya sebabnya!

Saya kemudian disarankan petugas untuk membawa ponsel Samsung A6 yang tak bisa digunakan ini ke Samsung Service Center terdekat.

Karena saya tinggal di wilayah Jakart Selatan, saya disarankan ke Lotte Shopping Avenue, jalan Professor Doktor Satrio, Kuningan.

Awalnya saya hanya ingin ke Ambassador Mall tapi ia menyarankan ke Lotte saja karena pusat layanan di Lotte itulah yang fokus untuk perbaikan piranti lunak perangkat Samsung.

Baiklah. Selang berapa menit saya meluncur ke tempat yang disarankan.

Enaknya di Jakarta memang begini, ke mana-mana dekat (meskipun terkesan jauh karena kemacetan yang mendera dan pengaturan lalin yang carut-marut tidak jelas).

Sampai di Samsung Service Center di Lotte Shopping Avenue, saya segera menjelaskan permasalahan ponsel ini dan petugas yang berjaga mengatakan insiden itu lazim ditemui pada ponsel yang dimutakhirkan dengan bantuan sambungan nirkabel (baik itu seluler atau wifi) yang kurang stabil kecepatannya.

Klop!

Itu juga penjelasan yang sama dengan yang saya terima sebelumnya dengan si operator di telepon tadi.

Langsung saja ia membantu saya menyambungkan ponsel ini dengan wifi di pusat layanan resmi Samsung tersebut dan kemudian secara bertahap, ia membantu mengunduh file pembaruan dan akhirnya memang ponsel saya bisa dinyalakan kembali.

Alhamdulillah!

Tapi masalahnya karena saya malas mengunggah file ke Samsung Cloud, saya memang harus merelakan semua file foto dan video liburan di Bangka itu.

Yang bisa diunduh dari file cadangan di Samsung Cloud ternyata file-file lama yang tak begitu saya butuhkan.

Repotnya kalau sudah gangguan semacam ini ialah melakukan log in kembali ke aplikasi-aplikasi yang kita gunakan. Melelahkan! Apalagi jika kata-kata kunci itu susah diingat dan berbeda-beda (sebagaimana disarankan oleh mereka yang sadar keamanan daring).

Simpulan

Maka untuk mencegah kejadian semacam ini, setelah ini saya berusaha mengingatkan diri sendiri dan Anda semua pentingnya:

  1. Lakukan backup secara berkala ke media penyimpanan awan (cloud) seperti Google Drive atau Samsung Cloud.
  2. Lakukan pembaruan Sistem Operasi ponsel dengan hanya menggunakan sambungan nirkabel yang stabil dan lancar. Jika tidak yakin dengan kestabilan sambungan wifi atau seluler Anda, kunjungi pusat layanan Samsung terdekat dan lakukan pemutakhiran di sana dengan panduan dari petugas yang berpengalaman.

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in technology and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.