Urgensi Memasukkan Babi Ngepet dalam Ensiklopedia Makhluk Halus Dunia

on

SIANG ini saya menemukan sebuah buku unik.

Judulnya begini: “The Encyclopedia of Spirits: The Ultimate Guide to the Magic of Fairies, Genies, Demons, Ghosts, Gods, and Goddeses

Buku itu diklaim penulisnya Judika Illes sebagai panduan termutakhir, terlengkap sejagat soal makhluk halus dan ghaib di seluruh penjuru dunia.

Klaimnya saya sanggah tentu saja, karena saat saya ulik-ulik bukunya, kok nggak ada “babi ngepet”?

Nggak lengkap dong ya! Huh…

Lebay mas Judika ah!

Saya pun penasaran dengan mas Judika ini. Saya buka halaman “tentang penulis”.

Lhah bener kan!

Orangnya kelahiran New York. Mengaku sebagai cendekiawan yang independen dan sudah menghabiskan hidupnya meriset buanyak banget sihir, astrologi, mitologi, Kabbalah, misteri Mesir Kuno, tradisi-tradisi spiritual dan penyembuhan di seluruh permukaan bumi.

Eh, ternyata dia cewek. Jadi mbak Judika manggilnya harusnya.

Kata mbak Judika ini, katanya saat dia mengumumkan pada sahabatnya bahwa dirinya akan menulis ensiklopedia makhluk halus sedunia ini, sahabatnya mengatakan: “Pasti kamu akan punya banyak teman baru.”

Tapi kayaknya sih mbak Judika kurang gaul sebab belum punya temen dari Indonesia.

Lha kok bisa sih melewatkan Indonesia?

Padahal dari banyak segi, Indonesia itu termasuk salah satu negara yang paling kental suasana kleniknya. Swear, mbak!

Lihat saja kasus hoax babi ngepet yang baru-baru ini rame di Depok. Pelakunya malah konon seorang ustadz. Astaghfirullah.

Timing-nya kok ya juga pas bulan Ramadan. Bukannya sibuk beribadah malah bikin berita bohong. Ironis beneran deh.

Di buku karyanya mbak Judika ini, Indonesia terkesan cuma jadi negara pencontek India.

Lha gimana nggak? Baca aja bagian soal Sita (istri Rama dari kisah pewayangan Ramayana). Di situ Indonesia disebut sebagai salah satu negara tempat orang-orangnya masih tahu dan hapal baik cerita Ramayana ini.

Bukti lainnya di bab “Naga”, Indonesia juga cuma disebut sebagai satu negara yang rakyatnya masih menganggap suci sosok mitologis naga.

Sisanya, Indonesia cuma disinggung saat membahas Buraq dan Garuda, dua sosok halus dari Arab dan India (lagi).

Jadi aku bayangin tulisan ini dibaca mbak Judika. Gini ya mbak Judika: ini tuh isu yang urgent banget.

Plis, pertimbangkan untuk memasukkan babi ngepet ke dalam ensiklopedia kamu.

Saya punya 3 alasan kuat supaya kamu mau memasukkan babi ngepet ke dalam daftar bergengsi makhluk halus di karya kamu edisi berikutnya. Baca sampai habis plis.

BABI NGEPET SUDAH MASUK JADI GIM DARING

Serius ya mbak, udah ada kok gim daring populer yang pakai babi ngepet sebagai materi utamanya. Judul gimnya “DREADOUT”. Yang bikin ternyata Studio Digital Happiness yang berlokasi di Bandung. Meski di Bandung, studio yang didirikan Rachmad Imron itu nggak cemen soal prestasi. Udah top banget kok. Sampai level dunia. Tapi akhirat belum.

BABI NGEPET SUDAH DIKENAL DI LEVEL ASIA

Aku bilangin lagi ya, babi ngepet tuh udah terkenal di Asia. Buktinya ini nih: babi ngepet udah masuk di pembahasan akademis oleh Asian Folklore Institute; Society for Asian Folklore; JSTOR (Organization); American Theological Library Association (20 Juli 2010). Bahkan sampai masuk ke sini: Asian folklore studies, Volume 65, Issues 1-2. Jadi kurang signifikan apa coba eksistensi babi ngepet ini? Ya kan?!!

BABI NGEPET PRODUK ASELI INDONESIA

Udah deh percaya, nggak bakal kamu bisa nemuin babi ngepet di negara lain. Nggak bakal, saya jamin mbak! (*/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.