Brodo Active: Keren, Murah, Tapi Bukan untuk Olahraga

BRODO bukan merek dalam negeri yang jarang terdengar. Merek produk kaki ini sudah lumayan dikenal luas, terutama bagi mereka yang gemar berbelanja daring.

Saya sendiri sudah beberapa kali melirik produknya. Ya karena sudah banyak testimoni yang baik mengenai produk tersebut dan citra di media sosial juga baik. Tampilan dan pesannya terkesan profesional. Bukan ecek-ecek, sehingga tecermin profesionalisme dari pemilik dan operator bisnis di belakang mereka itu.

Saya mulai melirik produk Brodo tatkala menyadari sepatu New Balance saya sudah agak aus di bagian belakang tumitnya. Busanya sudah bolong besar meski tak mengurangi kenyamanan dalam memakai.

Lalu saya pun lihat di situs marketplace langganan, dan menemukan ada sepatu Brodo Active yang tampaknya diperuntukkan bagi mereka yang sering beraktivitas jalan kaki atau lari. Kata “active” di sini bagi saya identik dengan gaya hidup aktif, olahraga dan sejenisnya.

Jadi, tak ragu lagi saya pun order sepasang sepatu berwarna biru dengan warna sol oranye. Lumayan menarik karena saya suka biru. Dan desainnya juga tidak norak-norak amat kok untuk sepatu dengan banderol kurang dari 300 ribu. Murah meriah sekali sih. Dan saya ingat pesan presiden untuk menambah porsi belanja produk dalam negeri. Saya menuruti anjuran beliau.

Tiga hari sejak order, saya pun menerima produk. Kesan pertama menerima produknya sih bagus. Kemasan oke, tidak ada yang sobek atau koyak atau lecet. Mulus semuanya. Jadi, saya tak ada alasan untuk gusar seperti emak-emak yang viral di media sosial memaki-maki seorang kurir. Tidak, saya tidak memiliki energi sebesar itu cuma untuk marah-marah tidak jelas dan tak ada untungnya.

Saya coba langsung di kaki, memakainya untuk berdiri lalu jalan. Nyaman. Tidak ada istilah lecet di tumit atau pergelangan kaki belakang yang lazim dialami saat memakai sepatu harga terjangkau. Sungguh soal kenyamanan tidak ada keluhan. Sepatu ini nyaman banget ngettt.

Yang bikin saya nggak menyesal juga bobotnya yang seakan seringan kapas. Seperti tak pakai sepatu saat mengayunkan kaki. Asli! Saya nggak bohong. Memang materinya ringan dan lembut.

Tapi sensasi ringan itu juga ternyata ada konsekuensinya. Saat saya ajak sepatu ini berlari pagi, terasa hentakan di telapak kaki agak lebih keras terasa ke seluruh tubuh saya. Solnya yang terbuat dari bahan mesh apa itu seolah tak berdaya meredam goncangan yang diakibatkan loncatan saya ke permukaan beton, aspal, dan sebagainya. Ya sekali lagi saya tekankan ada harga, ada mutu.

Dengan harga seterjangkau ini, sepatu Brodo Active ini cocok untuk jalan-jalan, piknik, atau hiking di alam luar yang permukaannya datar dan resik. Tapi jelas bukan untuk menemani saat beraktivitas luar ruangan yang sudah serius seperti lari lintas alam, atau bahkan sekadar jogging yang intens di pagi hari. Goncangannya masih terasa ke badan.

Lain saat saya bandingkan dengan sepatu New Balance saya yang meski sudah lama tapi solnya masih terasa lembut dan tebal. Berbeda dari bahan mesh sepatu ini.

Meski solnya tampak tebal, ternyata jenisnya berbeda. Sehingga efeknya juga berbeda.

Di sini, saya menyimpulkan bahwa memang sepatu ini keren untuk nongkrong atau sekadar jalan santai di mall atau nonton bioskop atau aktivitas santai lain. Tapi untuk berolahraga yang intens dan serius, rasanya ia bukan pilihan yang tepat sih. (*/)

Catatan:

Saya tidak dibayar atau mendapatkan keuntungan dari merek yang saya ulas ini.

Berikut jenis/ varian sepatu yang saya ulas dengan harga Rp270 ribu sekian:

https://www.blibli.com/p/brodo-active-kaze-racer-blue-is/is–BRO-35372-00691-00003

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in miscellaneous and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.