Bukit Algoritma Sampai Technopolis: Omong Kosong Revolusi Industri 4.0

MESKIPUN sudah jadi sasaran nyinyir netizen RI yang bengis, ternyata pemerintah masih meneruskan rencana pembangunan BUKIT ALGORITMA yang digagas Budiman Sudjatmiko, politisi yang dulu identik dengan Partai Rakyat Demokratik (PRD) dan jadi bulan-bulana rezim Orba.

Dikabarkan badan usaha punya negara PT Amarta Karya (AMKA) menjalankan proses pembangunan bukit baru di Sukabumi yang katanya sih digadang-gadang sebagai Silicon Valley lokal. Tim AMKA bertindak sebagai partner dalam hal penyediaan infrastruktur bekerjasama dengan PT Kiniku Bintang Raya.

Saya jadi ingat dengan gagasan yang mirip dan pernah dilontarkan Ridwan Kamil beberapa tahun lalu.

Sebagai bagian dari misi besarnya untuk membuat Bandung sebagai kota yang paling bahagia dan manusiawi di Indonesia, wali kota Bandung Ridwan Kamil yang kala mengucapkan itu masih berusia 43 tahun juga bercita-cita mendirikan technopolis di wilayahnya. Konsep technopolis sendiri itu mirip dengan Singapura, yang memungkinkan warga menggunakan kartu cerdas untuk mengakses berbagai layanan dan transportasi publik. Berbagai aplikasi spesifik dalam kota juga akan diciptakan untuk itu.

Namun, sampai sekarang gagasan itu sepertinya menguap. Entah mentok atau bagaimana.

Lalu pada 20 Mei 2021 tanpa disangka-sangka muncullah berita menggemparkan bahwa di situs RaidForums.com konon ada salah satu penggunanya yang memiliki dan berniat menjual data pengguna BPJS.

Bayangkan data 279 penduduk negara ini diumbar begitu saja. Mirip ditelanjangi di muka umum nggak sih? Bedanya ini data pribadi. Banyak hal yang bisa dilakukan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab dengan data pribadi orang lain.

Sebelm itu juga kita pernah mendengar bocornya data pribadi pengguna Tokopedia, salah satu startup unicorn yang kini merger dengan GoJek. Dan ujungnya apa? Nggak jelas juga. Tidak ada kompensasi dari Tokopedia atas bocornya data yang sudah diamanatkan pengguna padanya. Impunitas seperti ini mengerikan sekali kalau dibiarkan terus-menerus.

Dan payahnya selain negara berlagak cuek, juga malah menjadi korbannya dan seolah gagap menanggapi krisis yang menimpanya. Depkominfo alih-alih mencari pelaku, malah memblokir akses ke situs RaidForums.com itu, seolah menutup mata bahwa ada layanan VPN yang bisa dipakai untuk mengakali akses yang ditutup. Sedih sih. Gini amat sih punya pemerintah. (*/)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in save our nation and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.