Ke Mana Kalau MacBook Bermasalah?

Memang bagus sih tapi kalau servis bikin pening cuy! (Photo by Agung Pandit Wiguna on Pexels.com)

SEBUAH utas di Twitter kemarin ramai. Isinya membahas soal keluhan seorang pemilik MacBook bernama @commaditya yang kesal banget karena harga perbaikan MacBooknya mencapai Rp 53 juta di iBox yang selama ini dikenal sebagai reseller resmi MacBook di negara yang tak kunjung punya perwakilan Applenya sendiri. Ini ia anggap konyol abis karena harga beli laptop itu aja cuma Rp40 juta.

Ia sendiri sudah menjadi pengguna perangkat Mac sejak 10 tahun belakangan dan merasa puas dengan kinerjanya yang stabil. Ia menegaskan ini bukan masalah kinerja perangkat atau kepuasan pelanggan tapi lebih pada isu perbaikan perangkat Mac itu di Indonesia yang memang sampai detik ini belum ada toko resmi atau gerai resmi atau pusat servis yang resmi dari Apple Inc. sana.

Ia pun menduga-duga apakah itu karena logic board-nya yang rusak sehingga tarif perbaikannya melambung tinggi?

Untuk urusan servis Apple dari sananya, kata @commaditya, memang sudah bermasalah karena menurutnya sudah ada beberapa pengguna yang kesal dengan prosedur perbaikan mereka itu. Ia menyebut “right to repair” yang masih belum sesuai harapan.

Ini memang simalakama ya. Karena bagi pemilik perangkat yang masih bergaransi, garansi bisa menguap begitu saja kalau perangkat diservis pihak ketiga. Tapi kalau diservis di iBos sebagai perwakilan pihak Apple Inc di sini, harganya bikin melarat orang-orang kelas menengah ngehe.

Seseorang juga membagikan pengalaman buruknya servis MacBook di iBox yang cuma alami kerusakan USB type C-nya tapi harus mau menanggung biaya perbaikan sampai 7 juta karena sampai disuruh teknisi iBox mengganti board. Karena masygul, ia memilih servis di tempat lain yang cuma makan waktu perbaikan seminggu dan cuma dikenai tarif Rp3 juta.

Sejumlah orang bahkan menceritakan pengalaman buruk terhapusnya data di perangkat saat ganti baterai atau servis di iBox.

Kesan yang mereka dapatkan ialah bahwa iBox mau berjualan saja. Urusan reparasi secara halus mereka ‘cuci tangan‘.

Karena itulah, akhirnya bertumbuhlah banyak bisnis reparasi perangkat Mac dan iOS di sejumlah kota besar di Indonesia. Mereka tidak berafiliasi dengan Apple Inc. secara resmi memang sih tapi dari ulasan dan rekomendasi para pengguna jasa mereka, rasanya kualitas layanan perbaikan mereka nggak seburuk yang kita duga kok.

Berikut beberapa tempat servis selain iBox yang bisa dicoba untuk menyelamatkan perangkat iOS atau Mac kita:

  • iColor (instagram: @icolor_service) yang beralamat di Ruko Thamrin Residence Lt.2 Blok RTE/G/E12 di atas Dapur Cianjur, RT.4/RW.8, Kebon Melati, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10230.
  • iPrima Apple Service Repair di iprimaappleservicerepair.business.site.
  • iSolution Surabaya dengan akun Instagram @isolution.surabaya
  • MitraCare Service Center Apple (authorized service center) di Komplek Perkantoran Duta Merlin Blok C No. 6-7, Jl. Gajah Mada No.3-5, RT.2/RW.8, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130.
  • Bhaguz Hernawan (Twitter: @bhaguz_403) yang juga editor in chief @MakeMac dan pengelola website soal Mac MakeMac.com.
  • Mac Arena Store di Mal Ambasador, Jl. Prof. DR. Satrio No.2- 3, RT.11/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, dengan website macarena.co.id dan akun Instagram @macarena_id.
  • MacBiruni dengan akun Instagram @macbiruni dengan nomor kontak 0812 1516 3009 atau 0878 8338 7227 (WhatsApp).
  • iRepair Detos/ Lebak Bulus dengan website https://www.irepairaba.co.id/servis-iphone-depok/
  • Ustorem2m di Mangga Dua Mall Jakarta lantai 3 no 27A.
  • Koko Kaskus di Jakbar dengan nomor 08129253341.
  • Jaya Mac di Jalan Pondong Pinang #7B, RT.1/RW.2, Pd. Pinang, Kec. Kebayoran. Lama, Kota Jakarta Selatan, nomor kontak 0877-8890-9460.
  • Dr. Gadget (Instagram: @docgadget_) yang punya lokasi gerai di Kelapa Gading, Cilandak Town Square, Pantai Indah Kapuk, Puri, Tangerang, dan Bali. Websitenya di http://www.doc-gadget.com.

Kiat lain ialah dengan survei harga tiket pergi-pulang ke Singapura. Bandingkan dengan harga perbaikan di tanah air dulu. Kalau lebih mahal di Indonesia, katanya sih mending jalan ke Singapura aja dan perbaiki di Apple Store di bandara Changi Singapura yang kasih servis gratis tis tissss. (*/)

(Foto: https://www.apple.com/sg/retail/jewelchangiairport/)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in technology and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.