Penulis, Selalu Backup Tulisanmu!

KEMARIN baru saja menulis tentang betapa menjengkelkan plus mahalnya kalau MacBook kita rusak. Servis ke iBox yang resmi malah biayanya melebihi beli yang baru. Owalah!

Tapi jangan sedih, iFan se-Indonesia karena ternyata mahalnya biaya reparasi MacBook memang sudah dari dulu adanya. Bukan cuma sekarang aja. Atau cuma terjadi di Jakarta aja.

Dan memang sebagai penulis (atau profesi apapun sih ya), memang punya backup itu sangat penting. Jangan sampai nggak.

Tonton saja repotnya Carrie Bradshaw di serial legendaris “Sex and the City” yang memiliki MacBook dan sialnya laptop itu crash saat ia menulis.

Backup memang paling malesin. Kenapa ya padahal sebenernya juga nggak begitu rumit sih. Tapi memang kita serasa nyaman dengan MacBook yang konon punya ketahanan lebih baik daripada laptop Windows yang pabrikannya macam-macam itu.

Itulah kenapa saya sekarang lebih banyak menulis di cloud documents seperti Google Docs. Ya karena saya males kalau ada kejadian begini menimpa diri saya. Nggak kebayang sih repotnya kalau data dan file penting buat kerjaan lenyap bersama software laptop yang crash.

Ada juga beberapa waktu lalu teman pemilik MacBook yang berkeluh kesah soal laptopnya yang tak bertahan lama. Baru 1-2 tahun sudah ngadat. Ini aneh karena punya saya bisa bertahan bahkan sampai hampir 7 tahun hingga sekarang. Cukup awet lah ya. Baterainya masih lumayan panjang. Masih bisa bertahan 6-7 jam sehari (dari yang bisa 10-11 jam sehari sekali cas) dan hampir tidak ada keluhan berarti. Cuma tombol N dan M yang agak pudar karena penggunaan selama ini. Worth the money sih.

Dan semoga saya masih bisa menggunakannya selama beberapa tahun ke depan lagi karena saya benar-benar ingin menggunakan laptop ini sampai benar-benar rusak sak sakkk.

Sebab seperti Carrie di atas yang sangat sayang dengan MacBook-nya, saya sendiri merasa sudah malas jika harus memindahkan data saya ke laptop baru lagi. Dan faktor familiaritas sangatlah berperan saat kita bekerja. Ya mungkin banyak laptop baru yang lebih anyar dan canggih dan bagus tapi kok barang kesayangan lama masih tetap nggak bisa tergantikan yah.

Tapi ini cukup ironis juga sih. Sebagai seorang wanita petualang cinta, Carrie malah lebih setia pada laptopnya daripada pada pria-pria pacarnya itu. Haha. (*/)

Author: akhlis

Writer & yogi

2 thoughts on “Penulis, Selalu Backup Tulisanmu!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: