Komparasi Hoodie: Mana yang Terbaik?

HOODIE adalah jenis busana penghangat yang saya sangat amat sukai. Tak kurang 12 jaket hoodie ada dalam lemari pakaian saya. Itu saya hitung dalam hati di jalan tadi begitu terlintas ingin beli hoodie baru lagi. Ya Allah betapa tidak minimalis dan konsumtifnya saya ini ternyata.😅

Bagi saya hoodie itu sangat nyaman dan melindungi tatkala harus berjibaku dengan suhu rendah. Badan saya yang termasuk tipis ini agak peka dengan suhu dingin. Kena tiupan AC terlalu lama sudah ingin memencet tombol remote supaya mati segera. Di taksi kalau tak bersama orang lain saya selalu minta matikan AC apalagi kalau malam hari. Bagi saya udara segar sudah sejuk bak AC. Kipas angin sudah mencukupi bagi tubuh untuk menguapkan keringat.

Di tulisan ini saya akan membandingkan kualitas dan pengalaman memakai hoodie yang baru-baru ini saya beli.

Yang pertama adalah hoodie keluaran Roughneck. Saya sebetulnya beli 3 via marketplace blibli.com. Saya beli hoodie biru muda ukuran M dan merasa puas.

Lalu beli hoodie putih di foto bawah ini dan satu lagi hoodie navy dengam gambar beruang tapi malah dikirimi hoodie hijau pupus ukuran L atau XL yang kebesaran bagi badan saya.

Maka dari itu, saya merasa agak kecewa dengan brand satu ini. Kok bisa pesanan saya diganti seenaknya? Sampai saya diemail CS blibli lho supaya mau diganti. Tapi sudahlah, buat apa menghabiskan duit ongkir. Capek nunggu bolak-balik kirim. Toh saya sudah telanjur pakai itu hoodienya. Tag mereknya juga sudah lepas.

Anyway, hoodie Roughneck ini lumayan lah buat harga 100-200 ribuan. Termasuk murah meriah. Di foto memang tampak bagus dan modis tapi ternyata harga memang berbicara.

Bahan dan desain hoodie ini tampak bagus kalau tak disandingkan dengan hoodie lain tapi begitu diamati lebih cermat ya memang kentara ada bedanya dengan hoodie seharga di atas rentang harga 100 ribuan.

Tapi kalau dikatakan nyaman, hoodie Roughneck ini nyaman banget kalau dipakai. Dan saya punya hoodie lama yang menurut saya dulu hangat tapi ternyata kasar kalau kena kulit. Dan saat cuaca terik, rasanya jadi jaket sauna.

Di harga semurah ini, saya masih bisa rasakan kelembutan bahan hoodie Roughneck. Salut sih dengan mutu bahannya yang oke.

Pantas saja banyak anak muda memilih merek ini. Bahkan saking populernya, saat malam saya pulang dengan mengenakan hoodie ini untuk pertama kalinya dengan naik komuter, saya sekilas menemukan seorang pemuda yang memakai hoodie dengan desain dan warna sangat mirippp!😝 saya tak mengamati betul apakah itu hoodie Roughneck juga tapi bisa jadi mereknya sama dan kalaupun tidak ya desain dan warnanya sudah mirip banget. Saya jadi sadar diri dan menoleh ke sekeliling dan menerka apakah ada yang sadar kami mengenakan hoodie yang sama di gerbong yang kami naiki. Alhasil saya jadi merasa sadar penampilan dan tengsin dengan hoodie ini karena ada yang memakai jaket dengam desain sangat mirip.

Mungkin itulah kelemahan memilih hoodie dengan banderol harga yang sangat terjangkau oleh sejuta ummat. Risiko bertemu dengan ‘kembaran’ di jalanan atau tempat umum bisa terjadi dan bisa cukup melukai harga diri.

Hoodie Roughneck yang terbilang terjangkau kalangan mahasiswa dan pelajar. (foto: dok.pribadi)

Nah hoodie yang kedua adalah Froyonion (FRYN). Sejujurnya saya bagian dari agensi ini juga tapi saya tidak akan subjektif di sini. Kalau memang bagus saya katakan bagus dan kalau tidak ya tidak. Pembeli adalah raja dan raja bisa ngomong apa saja!😎

Hoodie Froyonion yang saya pilih adalah green dengan ukuran S. Saat saya lihat fotonya di marketplace Tokopedia dan Shopee, rasanya bakal agak sedikit kebesaran.

Begitu saya coba saya salah. Jaket ini besarrrr sekali meski sudah pilih ukuran terkecil yang tersedia.

Ternyata saya cermati lagi, jaket ini memang jenis oversize yang memang gayanya begini. Kedodoran tapi stylish. Saya yang selama ini banyak pakai hoodie yang relatif pas badan jadi syok lihat hoodie ini di badan. Lho kedodoran banget ini!🥲

Tapi kelebihan jaket ini adalah bisa dipakai untuk cuaca apapun. Mau gerah, ya cuek sajalah karena masih ada udara yang mengalir antara hoodie dan badan. Jadi terasa semilir meski pakai hoodie sebesar ini.

Saat hujan juga saya merasa hoodie ini agak tahan air. Meski memang tak setahan air jas hujan tapi lebih bagus dari hoodie berbahan katun atau kain sintetis yang meresap dan lebih susah kering.

Hoodie FRYN ini berbahan parasut sehingga tak perlu diseterika atau diberi perawatan macam-macam. Cukup cuci dengan mesin dan diperas otomatis. Lalu jemur deh. No problem.

Begitu kena hujan juga ia lebih cepat menguap. Dry clean gitu.

Enaknya buat yang kepala besar, ada resleting supaya lubang kepala nggak lekas jebol. Ini problem utama bagi pemakai hoodie yang lingkar kepalanya besar.

Lalu kelebihan lain adalah kantong kangurunya sangat aman untuk simpan barang dari dompet sampai ponsel. Karena ada resletingnya juga. Hoodie lain tidak punya kantong dengan resleting yang bagus.

Paduan warnanya yang tidak lazim juga nggak bakalan bikin saya ketemu ‘kembaran’ di komuter atau tempat umum lain sebab ia diproduksi secara eksklusif. Tidak dijual dalam jumlah kolosal.

Dan karena gaya hoodie yang oversize, saya bisa pakai tas punggung dan memasukkan tas ke dalam hoodie sehingga laptop di tas bisa lebih terlindung jika tiba-tiba air hujan tumpah.

Material parasut juga bisa membuat hoodie lebih tahan bau apek jika terpaksa dipakai sering seminggu lebih. Lain dari hoodie berbahan katun atau polyester. Cocoklah buat yang suka bepergian dan gaya hidup aktif dan praktis. Nggak ribet.

Untuk harga memang lumayan mahal. Sekitar Rp350.000. Belum ongkirnya. Tapi jangan sedih karena ada bonusnya: sebuah masker kain dmegan motif froyonion dan stiker-stiker mereka juga. Lumayan buat memorabilia untuk ditempel di kamar atau laptop.

Hoodie FRYN yang berbahan parasut dan berdesain unik dan aman untuk penyimpanan.

Terakhir adalah hoodie Wormhole Store dari Essentials di Bandung. Saya menemukan akun instagramnya dan mencoba melihat websitenya.

Eh saya menemukan W.Essentiels X Pokémon Squirtle Square Logo Carolina Oversize Hoodie dan ada ukuran S pula. Warnanya biru muda yang membuat hati saya kepincut. Saya belum ada hoodie warna muda. Biasanya warna gelap karena takut cepat kelihatan kotor dan kumal.

Hoodie Wormhole yang mahal tapi bermutu tinggi

Harganya sekitar Rp550.000 dan ini terus terang hoodie termahal yang pernah saya boyong pulang. Bahkan hoodie Uniqlo saya saja tak semahal ini lho.

Tapi sekali lagi harga tak bakal bohong. Hoodie ini menggunakan image Pokemon secara resmi dan memberi bonus kartu pokemon di paket hoodie ini lho.

Paket kemasannya juga mewah banget. Ada kardus berdesain Pokemon dan kantong kemasannya juga didesain khusus.

Bahan hoodie Pokemon Wormhole ini sangat amat nyaman sehingga saya betah memakainya seharian meski cuaca gerah sekalipun.

Dengan ukuran S, ukuran hoodie ini lebih kecil dari FRYN sehingga saya merasa lebih nyaman dan percaya diri saja bahkan tanpa harus mengecilkan dengan tali di sekitar area pinggul dan lengan sebagaimana yang saya lakukan dengan hoodie FRYN.

Secara umum saya sangat puas dengan pelayanan mereka juga. Pengiriman cepat meski dari Bandung sana. Cuma 2 hari lah tapi itupun karena saya pesan di akhir pekan. Jadi maklum. Alamat yang dipakai bukan rumah tapi kantor juga. Jadi ya sudahlah.

Menurut saya, dari ulasan perbandingan di atas, jika mau harga murah meriah pilih Roughneck. Mau yang harga menengah, bisa pilih FRYN. Dan penggemar hoodie super eksklusif, bisa pilih Wormhole yang memberi sentuhan orisinalitas dan kenyamanan yang prima. (*/)

Author: akhlis

Writer & yogi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: