7 Langkah Menuju Hidup yang Lebih Positif dan Bermakna

PERNAH kah Anda membaca sebuah twit yang bertagar #Pejuang Rupiah yang bunyinya begini: “Ditidurkan oleh rasa capek. Dibangunkan oleh pekerjaan. Dan disemangati oleh cicilan”?

Kalau dibayangkan kok jadi teringat hamster-hamster di kandang. Lari di atas roda mainan seharian. Sampai capek lalu makan lagi, tidur, lalu begitu lagi. Akhirnya mati. Innalillahi…

Menurut saya, hidup manusia harus lebih dari hidup berwarna dan bervariasi dari seekor hamster peliharaan. Nggak mesti kayak semboyan bapak kita: Kerja, kerja, kerja. Get a life please.

Terapis dari New York Institute of Technology School of Health Professions, Dr. Melanie Austin-McCain, mengatakan ada banyak cara yang bisa ditempuh menuju hidup yang lebih positif dan memiliki makna. Jadi kita tidak merasa sekadar bertahan hidup dari hari ke hari demi cari makan, membayar utang/ cicilan, bisa memiliki sebuah benda yang diidamkan atau demi menafkahi orang-orang yang disayangi.

Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehari-hari yang sehat dan berkesadaran (mindful). Saat kita menjalani kehidupan dengan sadar, kita sepenuhnya ada dalam masa kini dan fokus pada apa yang tubuh Anda lakukan dan hadapi dan alami. Perasaan, pemikiran dan perbuatan menjadi satu kesatuan utuh. Itulah arti mindfulness.

Riset menunjukkan bahwa memiliki tujuan hidup penting jika seseorang ingin memiliki hidup yang lebih sehat dan panjang umur dalam kondisi yang relatif sehat. Karena sekarang yang lebih penting dari waktu hidup (lifespan) adalah waktu sehat (healthspan). Umur 100 tahun tapi habis di tempat tidur karena stroke bukanlah hidup yang berkualitas. Justru menyiksa. Jadi bukan cuma panjang umurnya tapi juga mutunya.

Berikut adalah 7 langkah menuju hidup sehari-hari yang lebih bermakna, lebih berkualitas dan lebih seimbang baik bagi raga, pikiran dan jiwa.

  • Meditasi: Luangkan waktu untuk menjernihkan pikiran Anda dengan bermeditasi. Jika tak memungkinkan meluangkan waktu 30 menit saban hari, cukup lakukan selama 5-10 menit asal konsisten tiap hari. Ingat intensitas tinggi yang cuma berlangsung sebentar bakal kalah dengan konsistensi yang bisa bertahan dalam jangka panjang.
  • Pola hidup aktif: Gerakkan badan secara teratur. Lakukan peregangan dan penguatan secara berkala. Otak juga perlu dijaga kesehatannya dengan belajar hal baru, berpikir dalam, menyusun strategi baru untuk mengatasi tantangan yang datang dan menjajal hal-hal baru.
  • Manajemen: Jadilah CEO bagi hidup Anda sendiri. Artinya bersikaplah lebih proaktif dalam hidup, jangan pasif dan menunggu. Terapkan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Atur hidup Anda seperti Anda sedang menjalankan secara serius sebuah perusahaan. Susunlah jadwal makan dan istirahat yang sesuai irama tubuh, jaga kerapian dan kebersihan rumah, mengevaluasi hidup Anda selama setahun belakangan untuk bisa merencanakan langkah ke depan.
  • Optimasi: Adopsilah pola pikir yang proaktif dalam menyongsong masa depan. Lihat tantangan sebagai peluang dan kesempatan untuk memberdayakan potensi dalam diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.
  • Kebermaknaan: Berikan pengakuan dan penghargaan bagi mereka yang sudah mendukung Anda dan carilah kebahagiaan dalam hal-hal yang Anda pilih secara sadar. Setiap hal dalam hidup kita pasti akan terasa lebih bermakna saat kita sadar bahwa ia hadir dengan satu tujuan dalam hidup.
  • Terus belajar dan mengajar: Hiduplah dalam semangat belajar dan mengajar yang konstan. Maksudnya, kita idealnya bisa memandang hidup sebagai sebuah sekolah, yang di dalamnya kita semula menjadi murid dan kemudian ada giliran kita untuk membagikan apa yang sudah kita pelajari dan dapatkan pada orang-orang lain yang lebih muda atau membutuhkan pengalaman, pengetahuan dan kearifan kita. Saat kita terus belajar lalu berbagi ilmu dan kearifan tadi, hidup kita pasti terasa lebih bermakna.

Menurut Anda apalagi yang bisa dilakukan agar hidup ini tidak kosong tapi makin bermakna dari hari ke hari? (*/)

Author: akhlis

Writer & yogi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: