Dinasti Romanov dan Revolusi Bolshevik (Dari “The Last Czar”)

Kalau ditanya mana keluarga terkaya di dunia? Keluarga Rotschild? Keluarga Guggenheim? Atau … keluarga Romanov?

Rotschild dan Guggenheim mungkin bisa menguasai keuangan dunia tapi mereka tak punya wilayah fisik dan rakyat. Sementara keluarga Romanov punya itu semua. Mereka berkuasa selama 300 tahun lebih di tanah Rusia.

Tapi kejayaan dinasti itu mulai luntur saat Nicholas yang baru 26 tahun diangkat menjadi tzar untuk menggantikan ayahnya yang meninggal tiba-tiba. Perkabungan ini berlangsung padahal ia masih dalam masa bulan madu dengan istri barunya Alexandra Hesse, seorang bangsawan asal Jerman yang juga cucu Ratu Viktoria dari Inggris. Meski diangkat sebagai tzarina atau ratu, Alexandra belum bisa berbahasa Rusia. Menariknya, lain dari pasangan kerajaan Eropa yang dijodohkan, mereka menikah atas dasar cinta. Jadi pernikahan mereka harmonis dan konon mereka tak pernah pisah ranjang hingga ajal menjemput.

Nicholas memiliki kepribadian yang peragu, berkarakter lemah, kurang percaya diri dalam mengemban tampuk kepemimpinan Rusia jelang abad 20. Dan karakternya inilah yang menjadi bibit keruntuhan kekaisaran Rusia.

Sebagai tzar muda, ia masih dibayang-bayangi dan disetir oleh pamannya yang konservatif dan asertif Sergei. Ia selalu mendorong Nicholas yang berjuluk Tzar Nicholas II ini untuk menampilkan citra pemimpin yang tegas dan berwibawa di mata rakyat Rusia.

Penguasaannya dalam ilmu kepemimpinan dan kenegaraan memang minim sehingga Nicholas cuma memerintah dengan pemahaman yang ia miliki, bahwa tzar adalah perwakilan Tuhan di muka bumi. Untuk memenuhi imaji ini, ia mesti bertindak sebagai sosok yang keras dan berkharisma. Ia masih mengira bahwa di abad ke-20 rakyat Rusia masih bakal mendukung kekaisarannya tanpa membangkang meski kesejahteraan mereka tak begitu diprioritaskan.

Di saat yang sama di sebuah desa di Siberia yang jauh sekali dari Saint Petersburg/ Petrogard tempat Nicholas II sebagai pemimpin negara tinggal, Gregory Rasputin muncul. Ia seorang pria dengan asal usul yang tidak begitu jelas. Karena miskin, ia mencuri demi memberi makan keluarga dan akhirnya mesti dibuang dari desanya. 

Rasputin di tahun 1897 mulai mengembara ke hutan rimba di Rusia dan menyadari kekayaan alam bangsanya. Sampailah ia di sebuah biara bernama Verkhoturye yang dikenal sebagai biara Kristen Ortodoks.

Ia belajar banyak soal agama Kristen Ortodoks yang menjadi agama mayoritas di sana. Namun, setelah belajar Rasputin memiliki pendekatan yang berbeda terhadap ajaran agama yang ia pelajari. Ia suka semangat kebebasan dan kemudian bergabung dengan sekte Khlysty yang dikenal dengan ritual seksnya yang liar. Rasputin kemudian sampai ke pemahaman bahwa dosa bukanlah sesuatu yang mesti dipantang tapi justru harus dianggap sebagai sebuah alat pertobatan. Menurut logikanya, bagaimana bisa kita bertobat dan dekat dengan Tuhan kalau belum pernah berbuat dosa? Dengan berdosa, kita akan bisa bertobat.

Di masa ini, Rusia sedang mengalami kemiskinan di mana-mana. Dan untuk merayakan penobatannya, Nicholas dengan dibantu pamannya Sergei menyelenggarakan sebuah pesta bagi rakyat jelata dari berbagai pelosok Rusia. Sergei mempersilakan rakyat kecil datang ke Khodynka di St. Petersburg untuk berbagi bahan pangan gratis. Tak dinyana yang datang jauh lebih besar. Ratusan ribu petani kecil rela berdesak-desakan mengantre makanan gratis dan akibatnya sekitar 2000-3000 jiwa melayang akibat terinjak-injak. Mirip insiden Terowongan Mina gitu deh.

Nicholas tampaknya kurang bijak dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin. Ia mengobarkan perang dengan Jepang pada saat rakyat didera kemiskinan dan kelaparan. Gobloknya lagi, di perang lawan Jepang itu Rusia kalah. Makin turunlah pamor si tzar anyar.

Nggak heran kalau rakyat gerah banget punya pemimpin ga becus yang masih ingusan gini. Muncul bibit gerakan revolusioner karena tzar baru tak mau mendengarkan aspirasi rakyat.

Sementara itu, Alexei anak laki-lakinya yang didapat dengan menanti susah payah (karena mereka bener-bener berjuang dapet bayi laki untuk calon putra mahkota setelah kelahiran 4 orang putri) malah punya penyakit hemofilia, sebuah penyakit yang lazim ditemui di keluarga Alexandra Hesse. Penyakit ini bikin darah nggak bisa membeku sehingga penderitanya kalo lecet dikit aja susah berhenti. Bisa bikin mati. Dan ini udah kejadian sama beberapa kerabat Alexandra.

Tentunya penyakit Alexei itu disembunyikan dari semua orang. Bahkan dari lingkaran kerabat kerajaan sendiri. Semua isu soal hemofilia Alexei dicap gosip dan desas-desus. Ya karena kalau ketauan juga Alexei bakal diturunin sebagai putra mahkota pengganti Nicholas nantinya. Masak tzar penyakitan? Nggak boleh lecet dikit. Padahal tzar harus berani berperang juga.

Karena penyakit inilah nantinya Alexandra bakal ketemu dengan Rasputin, yang mulai dikenal masyarakat sebagai paranormal dan penyembuh dengan kekuatan magis. Ia konon bisa membaca masalah batin dan pikiran orang. Tapi Rasputin juga punya sisi kelam, ia seorang pemuka agama yang suka orgy dan nggak segan berbuat dosa sebagai alasan untuk bisa bertobat dan dekat dengan Tuhan.

Saat keluarga Romanov terdesak tuntutan rakyat, Sergei pamannya terbunuh oleh seorang pemnyair revolusioner yang melempar bom ke keretanya.

Nicholas tak mau mendengarkan suara rakyat. Seorang penasihat menyarankan agar ia membuatkan sebuah dewan legislatif supaya benih pemberontakan bisa ditumpas dari dini. Ibarat gulma tanaman, harus dicabut selagi masih tunas, akarnya belum dalam banget. Akhirnya dibentuklah Duma, sebuah dewan rakyat tapi kekuasannya masih di bawah tzar karena keputusan Duma masih bisa diveto tzar. Ya akal-akalan aja biar kelihatan demokratis.

Rasputin masuk ke dalam keluarga Romanov sebagai sosok penyembuh bagi putra mahkota Alexei.  Saat Alexei mengalami pendarahan hebat karena luka saat bermain, ia bisa sembuh dan tenang saat Rasputin hadir. Ini tentunya keajaiban buat Alexandra dan Nicholas yang udah ketar-ketir anaknya bakal mati kalau lecet dikit aja. Karena ini, Grigory Rasputin makin mendapat kepercayaan Tzar Nicholas dan Tzarina Alexandra.

Alexandra  seneng banget Rasputin bisa melindungi Alexei anak laki-laki kesayangannya. Tapi di luar tembok istana, rakyat makin nggak seneng sama tzar baru ini.

Tzar bersikap makin represif dan keras. Kaum revolusioner dibantai dan ia percaya kaum Yahudi merongrong ekonomi Rusia. Perdana Menteri mengundurkan diri karena ngerasa ga kuat lagi kerja di bawah pemimpin yang nggak mau denger rakyat. Meski PM Stolypin ini juga setuju untuk menekan kaum revolusioner, Stolypin juga bersikukuh bahwa Rusia perlu berubah menjadi kerajaan yang berpihak pada rakyat seperti Inggris. 

Tapi bukannya percaya nasihat PM-nya, Nicholas malah lebih percaya perkataan Rasputinbahwa rakyat bakal selalu setia dan ikut tzar mereka yang diyakini sebagai perwakilan Tuhan di muka bumi Rusia. Stolypin jadi sakit hati.

Rasputin emang sosok yang berkharisma, daya tarik dan daya magis yang hebat di antara kalangan wanita kelas atas di Petrograd (St. Petersburg). Rasputin berhasil tidur dan berbuat tak senonoh dengan banyak perempuan bangsawan Rusia dan tidak ada yang mengadu itu pelecehan seksual. Bahkan Alexandra tak luput dari pesonanya.  Dan ini bakal jadi masalah besar buat dia dan keluarganya.

Dari info telik sandi alias informan yang dikirimnya ke kampung halaman Rasputin, PM Stolypin mengungkap latar belakang Rasputin ke keluarga Romanov. Pada Nicholas dan Alexandra, Stolypin menguak fakta bahwa di kampungnya Rasputin ini punya banyak rekam jejak gelap. Ia terlibat dugaan pemerkosaan dan tindak asusila yang tak bisa dicap sepele.

Tapi logika udah nggak bekerja di otak tzar dan tzarina. Udah dikasih laporan gitu, malah Stolypin yang dibilang fitnah. Masak sih orang yang bisa menyembuhkan anakku jahat, gumam keduanya.

Sebenernya Nicholas juga gamang: apakah ia harus membela PM kesayangannya atau membela istrinya yang percaya kekuatan magis Rasputin yang mengklaim bisa menyembuhkan penyakit hemofilia Alexei?

Stolypin mengkonfrontasi Rasputin tapi Rasputin nggak peduli. Akhirnya Stolypin tewas tertembak di Kiey Opera House pada tahun 1911. Apakah ini rencana Rasputin? Nggak ada kejelasan juga.

Rasputin ketemu pendeta Germogen, Iliodor di St. Petersburg dan ingin mendepak Rasputin dari lingkaran keluarga tzar. Tentu Rasputin ogah dan dia membangkang.

Saat pertemuan itu berakhir, tas Rasputin ketinggalan dan di dalamnya ada surat pribadi dari Alexandra . Disebarluaskanlah isi surat ini ke masyarakat dalam bentuk pamflet. Terkuaklah skandal ini. Isinya juga emang agak intim sih ya. Bisa disalahartikan sebagai surat cinta. Nicholas marah besar lah, dan Rasputin dikirim pulang ke Siberia. 

Tapi begitu Alexei luka karena kecelakaan sekali lagi, Rasputin dipanggil balik ke istana lagi. Seolah mereka udah ketergantungan pake jasa penyembuhan Rasputin. 

Di kampungnya sendiri, Rasputin jadi sasaran amarah warga. Ia ditusuk sampai hampir tewas tapi selamat aja. Emang sakti dia. Di tempat tidur, ia baca surat kabar yang isinya berita meledaknya perang di Eropa. Rusia memutuskan berperang melawan kekaisaran Austro Hungaria dan Jerman, negara asal Alexandra.

Rasputin dan Alexandra makin disorot akibat api skandal yang Rasputin percikkan dengan membanggakan hubungan dekatnya dengan sang tzarina.

Nicholas mengambil alih jabatan panglima perang. Tindakannya ini bikin pengaruh Rasputin dan Alexandra makin menggila. Sementara itu, di medan perang Nicholas makin disepelekan. Dia nggak punya andil dalam strategi perang. 

Ibunya Nicholas tak mau Alexandra dan Rasputin makin membahayakan pemerintahan dan menyuruh Nicholas bertindak tegas pada Rasputin. Dia sendiri eneg sama menantu perempuannya.

Perang dengan Jerman makin memburuk dan rakyat Rusia makin nggak puas dengan kinerja tzar dan pemerintahannya.

Reputasi keluarga Romanov makin turun di kalangan militer karena peperangan yang menyengsarakan bangsa ini nggak segera diakhiri. Seorang prajurit Rusia di medan perang bernama Yakov Yurovsky memprotes keluarga kerajaan. Makin banyak orang tak suka Alexandra karena tzarina ini keturunan Jerman dan dipengaruhi seorang rahib gila yang pendosa bernama Rasputin.

Felix Yusupov, seorang putra keluarga ningrat kaya, muak pada Rasputin. Dia pengen bunuh si rahib genit ini agar pengaruh buruknya bisa ilang. Yusupov pura-pura dengan ramah mengundang Rasputin untuk konsultasi berobat dengan mengaku sakit. Yusupov meracik anggur  dan racun lalu menembaknya tapi Rasputin tak langsung mati. Baru setelah dikejar dan ditembak beberapa kali lagi, barulah dia bener-bener tamat.

Jasad Rasputin ditemukan esoknya di sungai Malaya Nevka tanggal 19 Desember 1916. Badannya penuh luka pukulan dan ada tembakan di jidat.

Keluarga Romanov berduka cita. Alexandra syok berat karena ia takut bagaimana dengan nasib Alexei. Siapa yang bakal bisa menyembuhkan anaknya dari hemofilia?

Sepeninggal Rasputin, Nicholas terus mengabaikan nasihat ibunya untuk fokus memperbaiki negara dengan memilih menteri yang komp[eten dan memenangkan hati rakyat. Kalau nggak, kata ibunya, bakal terjadi anarkisme di Rusia.

Nicholas malah makin benci keluarganya termasuk Yusupov yang masih keluarga jauh dan sudah menghabisi Rasputin. Alexandra mengingatkan Nicholas untuk tetep mempercayai nalurinya sebagaimana nasihat Rasputin.

Perang melawan Austro Hungaria ini menyengsarakann rakyat dan mengeret negara ke krisis pangan dan ekonomi. Banyak rakyat kelaparan dan kaum pekerja ditekan untuk terus berkontribusi pada negara. 

Bermunculanlah banyak gerakan revolusioner yang ingin perubahan kondisi negara. Di antaranya adalah kelompok Bolshevik yang dipimpin Lenin. Saat Nicholas ke medan peranbg, kaum buruh Petrigrad/ St. Petersburg mogok kerja dan demo meluas.

Misi grup Bolshevik adalah menggulingkan keluarga Romanov yang nggak becus memimpin Rusia.

Kondisi angkatan bersenjata Rusia udah kepayahan. Mereka kalah di mana-mana. Dan pamor tzar udah nggak bisa diselamatin lagi.

Makin banyak prajurit Rusia muak dengan tzar dan bersimpati pada Gerakan Bolshevik Lenin.


Pas peringatan Hari Wanita Sedunia, kaum wanita Rusia berdemo karena stok roti kayak stok minyak goreng di Indonesia sekarang, LANGKA. Kerusuhan meluas bahkan sampai ke Moskow.

Nicholas dan Alexandra belum paham parahnya situasi negara. Alexandra masih terus berkabung dengan kematian Rasputin padahal dia mesti urus keluarga dan negara. 

Demonstrasi atas langkanya pasokan roti berubah jadi emo akbar menuntut turunnya tzar. Menteri Dalam Negeri diduga berbohong dalam laporannya dengan menurunkan skala demonstrasi sehingga Nicholas mengira kondisinya nggak parah banget.

Nicholas setelah tau kondisi di lapangan langsung memerintahkan untuk membubarkan unjuk rasa. Pertumpahan darah tak terhindarkan. Bahkan kelompok prajurit ada yang ikutan membela rakyat dan turun ke jalan.

===

Di medan perang, pasukan Rusia bubar dan pulang karena semangat mereka udah nggak ada lagi. Mereka bergabung dengan rakyat yang ingin menggulingkan dinasti Romanov. Unjuk rasa makin membesar tanpa adanya pemimpin. Pemimpin kaum revolusioner kayak Stalin pada diasingkan. Stalin dibuang ke Siberia dan Lenin sendiri di Swiss saat itu. Jadi unjuk rasa ini memang murni keinginan rakyat.

Ibu Nicholas (Maria Fedorovna) makin cemas dengan kondisi Petrograd. Ia sendiri berada di Kiev, Ukraina. Kepulangan Nicholas ke Petrograd tertunda akibat blokade jalur KA oleh kaum revolusioner.

Alexandra masih bersikeras tinggal di istana bersama 5 anaknya yang kena cacar. Kaum militer yang selama ini menjadi sandaran Nicholas mendadak bergabung dengan rakyat. Mereka juga ingin menggulingkan tzar dan tzarina.

Dalam istana, Alexandra masih berusaha menyangkal parahnya kondisi kerusuhan meski para penjaga istana ditembaki, listrik dan air bersih diputus.

Para serdau masrinir yang diperintahkan melindungi keluarga Romanov malah meninggalkan istana. Di titik ini Nicholad mencoba memberi kekuasaan lebih pada Duma / Dewan Rakyat tapi tentu udah telat banget.  Revolusi udah nggak terbendung lagi.

Militer menawari Nicholas buat turun tahta dan mengangkat Alexei tapi Nicholas nggak mau karena Alexei sakit dan bisa mati kalo jadi tzar. Dengan persetujuan turun tahta itu, kekuasaan dinasti Romanov selama 3 abad berakhir. Rusia menjadi bergejolak dengan hilangnya otokrasi Rusia ini.

Begitu meletakkan kekuasaan, Nicholas bisa pulang dengan kawalan ke istana. Karena tzar udah turun, Rusia jadi kacau balau dan ada 2 badan yang berebut kekuasaan yakni Duma dan Petrograd Soviet. Periode ini disebut sebagai Era Dvoyevlastiye (Kekuasaan Ganda). Pemerintahan baru sementara terbentuk dengan arahan Alexander Kerensky yang merupakan sosok penghubung antara Duma dan Petrograd  Soviet. Anehnya Kerenskuy ini diserahi tanggung jawab memgamankan keluarga Romanov. Ia ingin menyelamatkan keluarga ini dari kelompok Petrigrad Soviet yang radikal. Ia sarankan Nicholas buat ninggalin Petrograd dan pindah ke Tobolsk di Siberia.

Tiga bulan bekerja, pemerintahan sementara Kerensky digulingkan. Kerensky sendiri kemudian pindah ke AS dan mengajar sejarah Rusia di Stanford University. Dia meninggal di New York tahun 1970. Ia sempat mendapat musih karena dianggap sebagai salah satu pemicu kemenangan Bolshevik sehingga Rusia carut marut pas saat itu.

Nasib keluarga Romanov kini berada di tangan Lenin yag jadi pentolan Bolshevik.

Yakov Yurovsky, seorang mantan petugas medis di perang sebelumnya, diperintahkan menjadi polisi rahasia untuk membawa keluarga Romanov ke Yekaterinburg, sebuah kota di luar Petrograd. Ternyata ini perintah langsung Lenin.

Keluarga ini dibagi 2 grup. Nicholas, Alexandra dan satu orang putrinya berangkat duluan dan baru grup kedua menyusul. Mereka dimasukkan ke Patiev, sebuah rumah besar yang disebut “Rumah dengan Tujuan Khusus”. Mereka berkumpul kembali dan Nicholas masih percaya bahwa mereka akan diselamatkan dan keadaan akan membaik segera. 

Bolshevik melemah dan muncullah Pasukan Putih yang terdiri dari para mantan serdadu dan perwira tzar. Situasi makin keruh dengan masuknya Peranic dan Inggris ke Rusia yang sedang bergejolak untuk mengenyahkan kaum Bolshevik.

Kaum Bolshevik makin cemas dan ingin segera menghabisi keluarga Romanov supaya mereka ini tidak dipakai sebagai panji-panji untuk menyingkirkan Bolshevik. 

Nicholas menerima surat-surat dari luar rumahnya secara sembunyi-sembunyi yang mengatakan mereka akan diselamatkan padahal semua surat tadi dikirim oleh kelompok Bolshevik Ural yang memancing mereka keluar rumah agar bisa dihabisi.

Para penjaga keamanan di rumah Ipatiev masih muda dan tergoda dengan kecantikan anak-anak gadis Romanov yang sudah puber. 

Tahu soal ini, Yakov menyuruh pengetatan keamanan Ipatiev. Digeledahlah rumah itu habis-habisan. Seorang penjaga yang tertangkap bermesraan dengan Maria, salah satu putri Nicholas, dibunuh. Sejak itu tidak diperbolehkan ada penjaga yang mendekati anggota keluarga Romanov.

Sementara itu, Pasukan Putih mendekati Yekaterinburg dan Lenin berpesan agar jika Pasukan Putih mendekat, mereka bisa segera mengeksekusi semua orang Romanov di rumah Ipatiev. 

Perang saudara antara Bolshevik yang pro revolusi dan Pasukan Putih yang pro tzar berkecamuk di dekat Yekaterinburg. Lenin memerintahkan eksekusi keluarga Romanov segera.

Malamnya mereka semua dibangunkan dan diberitahu harus keluar rumah agar selamat. Dengan pakaian yang menyimpan banyak perhiasan untuk membiayai pelarian, semua anggota dinasti Romanov terakhir ini digiring ke ruang bawah tanah.

Mereka diberitahu untuk menunggu truk untuk bisa keluar rumah dan melarikan diri.

Sampai saat itu, semua keluarga inti Romanov ini tak ada yang tahu bahwa mereka di situ biuat dibantai, bukannya dibantu keluar agar selamat.

Para penjaga termasuk Yakov berpura-pura menunggu truk, lalu mereka berbalik dan tiba-tiba memberondong semua anggota keluarga Romanov tanpa kecuali.

Menariknya, karena anak-anak gadis Romanov ini tadi pakai pakaian dalam yang dilapisi perhiasan dan batu berharga, mereka jadi lebih susah mati. Mereka harus diberondong peluru lebih banyak supaya bener-bener tewas.

Begitu keluarga Romanov sudah dibantai tuntas, kerabat dekat Romanov langsung diburu juga oleh kaum Bolshevik. Maria Fedorovna ibu Nicholas, sepupu Nicholas Nikolasha, dan semua kerabat wanitanya juga diburu. Bahkan Felix Yusupov yang lari ke Paris.

Mereka kerabat dinasti Romanov yang masih tersisa melarikan diri  dari Krimea yang masih wilayah Ukraina sekarang dengan naik kapal Inggris HMS Marlborough. 

Pasukan Putih merebut kota Yekaterinburg dari kaum Bolshevik seminggu setelah pembantaian keluarga inti Romanov.

Seorang guru anak-anak Romanov bernama Pierre Gilliard pergi ke Yekaterinburg dan masuk ke rumah Ipatiev. Tapi mayat keluarga itu nggak ada.

Bolshevik hampir menang dalam perang saudara ini. Dan memang kemudian jaya di Rusia.

Di Berlin beberapa tahun kemudian muncul Anna Anderson, seorang wanita yang terus mengaku sebagai Anastasia, salah satu anak Romanov. Ia mengklaim selamat dari pembantaian di Ipatiev.

Tapi Pierre Gilliard dan seorang kerabat Romanov yang selamat dan tinggal di Berlin, Olga, menolak mengakuinya sebagai Anastasia karena ternyata didapat bukti bahwa dia berlatih untuk bisa menjiplak tandatangan Anastasia. Kelak saat DNA Anderson dites juga nggak cocok sama DNA Romanov.

Tahun 1979, 2 sejarawan menemukan sejumlah tulang belulang manusia di hutan dekat Yekaterinburg. Tapi kondisi Soviet saat itu belum memungkinkan untuk penyelidikan.

Baru saat Soviet runtuh di era Boris Yeltsin, tahun 1991 mayat-mayat ini digali dan diteliti.

Dan benar tulang belulang itu milik keluarga Romanov yang dibantai.  

Yeltsin menguburkan kembali dengan layak semua jenazah keluarga Romanov di Katedral Peter and Paul yang udah dijadiin area makam keluarga Romanov.

Anehnya ternyata ada 2 mayat lagi yang belum ketemu dan utuh. Tahun 2007 2 mayat sisanya milik Alexei si putra mahkota dan Maria ditemukan dan masih belum dikebumikan. (*/)

Author: akhlis

Writer & yogi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: