Pengalaman Belanja Online di Uniqlo Indonesia

UNIQLO bisa dikatakan jenama pakaian paling saya suka dari dulu. Entah kenapa ya, dari model, warna dan (terpenting!) ukuran saya merasa busana-busana Uniqlo adalah yang paling pas di badan ini.

Soal ukuran badan, saya memang agak ‘problematik’. Karena tak terakomodasi di section dewasa, akhirnya saya lebih sering ke section anak-anak. Seringnya saya bawa pulang pakaian ukuran remaja 14-15 tahun. Ini pas, tapi masalahnya lengan mereka lebih pendek, sehingga jaket dan kemeja terasa agak kependekan di lengan dan bahu. Badan saya yang siluetnya sudah kurus kering ini makin menonjol saat diberi pakaian pas badan begini.

Tapi kalau saya beli pakaian ukuran pria dewasa ukuran S terkecil pun saya masih kedodoran. Dilema ini terus saya hadapi. Tak jarang saya mesti ke penjahit karena mesti mengepaskan ukuran pinggan, bahu, lengan. Capek banget dan boros. Apalagi sekarang saya sudah tak tinggal di tempat dahulu. Keberadaan penjahit yang mumpuni untuk melakoni pekerjaan mempermak dengan bagus kok rasanya susah ditemukan. Sedih…

Akhirnya saya mencoba melihat-lihat toko online Uniqlo lagi. Iseng sih, tak ada niat beli. Nanti kalau mau beneran beli ya ke tokonya saja di Bintaro, gumam saya.

Tapi begitu saya browsing dan banyak yang saya pikir pas dan bagus, saya berpikir: “Kenapa mesti susah-susah ke sana? Di sini tersedia fitur belanja online juga.”

Akhirnya ya sudah saya coba lah kemudahan ini.

Karena saya orangnya tak ingin kecewa, saya mencermati ukuran pakaian satu persatu. Tabel ukuran saya baca teliti, dan tentu saya cari ukuran terkecil.

Dan ternyata sekarang ada ukuran XS! Ini kabar menggembirakan buat saya karena itu berarti Uniqlo mendengar aspirasi pelanggannya. Entah dari mana mereka tahu bahwa ada lho sekelompok pria Indonesia yang badannya lebih kecil dari rata-rata dan tentu tak bisa membeli pakaian anak-anak karena meski ukurannya pas tapi model pakaian anak-anak berbeda sekali dari pakaian oramg dewasa. Serius ini. Saya sendiri merasakannya saat memakai karena lho saya merasa modelnya memang makin membuat saya malah jadi anak remaja. Padahal di situasi formal, saya mau membuat orang tahu saya pria dewasa. Hahaha. Susah ya.

Singkat cerita pemesanan saya lakukan dan 2 hari kemudian paket ini datang di pintu rumah. Jasa kurirnya menggunakan Ninja. Tidak ada ongkos kirim yang dibebankan ke saya dari Uniqlo. Tapi mungkin harga jual pakaiannya di toko online mereka sudah di-mark up? Saya tak mengecek di toko offline mereka untuk membandingkan sih.

Sebagai gambaran, satu Celana Smart Ankle 2WAY Stretch (Cotton) harganya di toko online Uniqlo adalah Rp599.000. Kemeja Broadcloth Extra Fine Cotton Lengan Panjang Rp399.000. Sweater Washable Milano Rib Lengan Panjang Rp299.000. Kemeja Premium Linen Kerah Tegak Rp499.000. Kemeja Katun Linen Kerah Tegak Rp299.000. T-Shirt Dry Warna Crew Neck Lengan Pendek Rp99.000 untuk warna putih dan Rp79.000 untuk warna biru. Dua Celana Boxer Tenun Kotak Multi Warna Rp118.000.

Saya sendiri memberikan bintang 5 untuk kualitas pelayanan belanja daring Uniqlo Indonesia. Sudah lancar dan mulus banget.

Di dalam paket pakaian ini saya temukan busana yang saya pesan, formulir pengembalian jika memang ada pakaian yang saya tak sukai setelah coba, dan katalog busana perempuan berhijab. Saya agak sayangkan kenapa Uniqlo memberikan saya sebuah katalog demikian karena saya kan pria. Buat apa saya diberi katalog perempuan begitu? Tak bakal membuat saya beli pakaian lagi. Mending saya diberi katalog pakaian pria supaya bisa jadi wishlist berikutnya.

Kalau saran saya, kemasan pakaian harusnya sudah diinovasi agar tak memakai bahan plastik bening lagi. Karena kecemasan akan kelestarian lingkungan hidup kan sekarang sudah makin meningkat. Uniqlo sudah sepatutnya memikirkan hal tersebut, mencari bahan alternatif pengganti bungkus plastik ini. (*/)

https://platform.twitter.com/widgets.js

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in miscellaneous and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.