Category Archives: pandemic

The Ultimatum of Central Java Governor Ganjar Pranowo

It’s still raging out there. It’s intense and doesn’t show any signs of abating anytime soon.

Posted in pandemic | Leave a comment

Pandemic Diary: Bukti Nyata Akhir Pandemi Masih Lama

Hari-hari pandemi terus bertambah. Ibarat napi di tahanan, kita udah capek coret-coret dinding bikin turus. Satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, coret… Begitu lagi dan lagi. Dua lebaran sudah lewat ditelan pandemi. Jumat siang tadi saya … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , , , | 8 Comments

Pandemic Diary: Roda Sepeda Buktikan Nyatanya Konflik Kelas Karl Marx

SEPANJANG pandemi ini sudah tak terhitung banyaknya pesepeda yang seliwar-seliwer di jalan protokol ibukota. Jam 6-7 saya kerap menyaksikan para pesepeda borjuis ini giat mengayuh pedal. Semangat banget sampai ada yang teriak-teriak kayak lupa ini bukan di dalam rumahnya. Jalan, … Continue reading

Posted in pandemic, writing | Tagged , , | 8 Comments

Pandemic Diary: Terjebak Enak

HIDUP di luar Jakarta katanya nggak enak. Begitu kata seseorang di twitter tempo hari karena menurutnya memilih tempat tinggal jauh dari tempat kerja adalah kegilaan dan kesia-siaan. Buat nanti pensiun sih oke tapi buat rumah pas masih produktif no way. … Continue reading

Posted in pandemic, writing | Leave a comment

15 Tipe Orang Indonesia Saat Harus Menghadapi Larangan Mudik 2021

REPUTASI netizen Indonesia sudah tak patut ditanyakan lagi soal keberanian menghujat, merisak, dan memojokkan. Bahkan pada presiden dan pemerintahannya sendiri! (mringis sinis) Berbekal keyakinan bahwa dirinya pasti benar, mereka menyuarakan aspirasinya di kolom komentar Instagram RI 1 @jokowi. Berikut hasil … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , , | Leave a comment

Pandemic Diary: Livin’ Covida Loca

I saw this App Store flyer saying: “SING ALONG THIS EID.” I uploaded the screenshot on my Twitter feed and commented in a miserable tone: “How could I???” But really today is the second Eid we Indonesians celebrate without any … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , , | Leave a comment

Hamper: Harusnya Bukan Buat Anteran Tapi Piknik

Jaman dolo banget pas aku masih SD, pas uda Ivan Lanin belum memproklamirkan penulisan “Idul Fitri” menjadi “Idulfitri”, rasanya Lebaran itu jadi saat yang dinanti-nanti buat dapet makanan kemasan mahal-mahal yang nggak kebeli dengan uang saku sendiri atau karena ortu … Continue reading

Posted in pandemic, writing | Tagged , | Leave a comment

Pandemic Diary: That Lost Sense of Justice, Equality and Fairness

The last time I ranted about this mega wedding, I never thought the scale was increasingly insane. And now all heads turned to the social media faux pas of our head of state and minister of defense. They were attending … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , , | Leave a comment

Pandemic Diary: The Philosophy of “Tahu Bulat”

“Bulat bulat lonjong lonjong Tahu bulat dan kosong Digoreng dadakan Hangat hangat Enak enak enakkk….” That is exactly what you can hear around Jakarta when you see a motorbike with a small truck behind it, where a guy usually holds … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , | Leave a comment

Pandemic Diary: Falling for Cikaracak Waterfall

Posted in environment, pandemic | Tagged , | Leave a comment

Pandemic Diary: Children Are Smarter than You

Recently there is this discourse about opening schools back. In the upcoming academic year, the government is ambituously pushing teachers and school administrators to reopen their school gates for the first time after the pandemic. But the thing is the … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , | Leave a comment

Pandemic Diary: No ‘Mudik’, No Cry

How much is our life disrupted by the pandemic? I guess we can measure this scale of ‘destruction’ (or disruption?) by observing how much we have to change our habits as humans. So again, this year we have to succumb … Continue reading

Posted in pandemic | Tagged , | Leave a comment