(Un)Happy Earth Day!

PERINGATAN hari bumi tahun ini dalam suasana bulan Ramadan 2022. Apa yang sudah berubah dalam beberapa tahun ini terkait dalam pelestarian lingkungan hidup di negara kita? Rasanya kok tidak banyak ya. Masih jalan di tempat. Entahlah dengan yang Anda rasakan tapi saya sih begitu. Bangsa kita sedang pusing dengan pertumbuhan ekonomi yang dirongrong oleh pandemi….

Ulama Berpolitik? Pantaskah? Begini Jawaban Bapak Sosiologi Ibnu Khaldun

PERNAH denger ada kyai yang marah-marah di YouTube karena ada pihak yang mencibir ulama yang terjun ke politik. Katanya dengan nada keras dan penuh kemarahan: “Itu ajarannya Belanda. Dulu mereka ingin supaya ulama nggak ikut campur ke politik supaya bisa menindas rakyat dan rakyat nggak bisa diberdayakan ulama. Jadi kalau sekarang ada yang ngomong gitu,…

“Don’t Look Up”, Satir Getir tentang Dunia yang Terpelintir

SELESAI menonton film yang dibintangi Leonardo Dicaprio dan Jennifer Lawrence ini, saya nggak habis pikir. Ini jenis film apa? Saya bingung apakah bisa menyebutnya fiksi ilmiah, futuristik, apocalyptic, tragedi, realis atau komedi? Karena film ini memuat semua elemen tadi secara merata kalau bisa saya katakan sebagai penikmat film amatir. Uniknya film ini menyinggung semua orang…

Ambivalensi Pria Indonesia, Tariq dan Fogging Gratis

BEGITU selesai menonton film “Penyalin Cahaya” (2019) saya langsung mengetik tulisan bernada komentar ini karena saking gatalnya. Meski secara umum saya bisa katakan film ini cukup mencerminkan kenyataan penanganan kasus-kasus kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan kampus, ada beberapa hal yang mengundang komentar dari saya. Saya yakin sudah banyak orang yang menonton film satu ini…

Pola Judul-judul Berita Media Daring yang Jangan Sampai Diklik!

SEBAGAI anak media, emang ngeselin banget kalo baca berita-berita dengan judul yang hmm…klise dan clickbait banget. Menipu pembaca dan nggak mendidik karena biasanya sih nadanya memojokkan atau seksis atau diskriminatif dan bias. Dari obrolan dan cuitan akun Twitter @ndorokakung, aku bisa rumuskan sejumlah pola yang biasanya dipakai para editor media online yang memburu pageviews dan…

‘Ngemper’ di Tempat Umum Adalah Kebiasaan Orang Indonesia Paling ‘Hih‘!

PERNAH pastinya kita sebagai orang Indonesia melihat sesama duduk di lantai. Bukannya mencap atau menyudutkan atau misoginis, tapi kebanyakan sih yang saya temui pelakunya ibu-ibu. Sebenarnya ya tidak ada salahnya sih duduk saat merasa lelah. Tapi saat tidak ada tempat duduk yang pantas, sebagian orang lalu menghalalkan segala tempat termasuk lantai di fasilitas umum seperti…

Catatan Harian Berusia 131 Tahun Paparkan Letusan Krakatau dan Penderitaan Warga Lampung-Banten

PERNAH saya ditanya mengapa budaya menulis dan membaca di masyarakat Indonesia masih rendah padahal bangsa lain sepertinya melaju pesat. Saya jawab dengan hasil refleksi dan pengamatan saya sendiri bahwa budaya komunikasi manusia Indonesia adalah budaya lisan, oral, ngomong, ghibah. Bukan budaya yang menulis, surat-menyurat, korespondensi, dan sejenisnya. Sebelum budaya membaca tertanam dalam, bangsa kita sudah…

PERHATIAN, IKEA BUKAN TEMPAT TAMASYA!

KALAU Anda ketinggalan obrolan terbaru di jagat maya Indonesia, sini saya beritahu. Ada seorang ‘influencer’ (tahulah bagaimana abu-abunya istilah ini) yang mengeluhkan dirinya sudah bersiap membawa 7 orang anggota keluarganya ke IKEA terdekat. Kejutannya IKEA tak mengizinkan masuk mereka semua kecuali sang ‘influencer’ yang sudah divaksin dua kali. Di Instagram story-nya, sang ‘influencer’ pun meracau:…

Pelecehan Seksual di KPI Bukti Fenomena Gunung Es Pelecehan Seksual Pria

KOMISI PENYIARAN INDONESIA sedang disorot karena mengalami masalah kekerasan, perisakan dan pelecehan seksual di lingkaran internalnya. Miris melihat sang korban harus sampai menahan diri melapor bertahun-tahun bahkan nekat memviralkan di media sosial. Semua karena pengaduannya tidak digubris. Ya karena dia cowok. Dan pelakunya juga cowok. Di lingkungan kerja yang birokratis dan patriarkis pula. Tekanannya berlapis-lapis….

Hubungan antara Nasionalisme dan Kebahagiaanmu

HARI ini menandai 76 negara ini merdeka. Rasanya sih nano-nano. Persenyawaan antara bangga, sedih dan murka. Bangga bisa sampai sejauh ini bangsa ini bertahan dihajar pandemi dan di saat yang sama merasa murka juga kalau melihat berita Juliari Batubara dan bagaimana negara dibikin linglung karena perkara korupsinya. Coba dia pejabat China. Drama begini pasti tidak…