Category Archives: writing

Pandemic Diary: Angka Kasus Covid Naik Lagi

BERITA kenaikan jumlah kasus Covid santer lagi. Detik.com mengabarkan kita mesti hati-hati dengan potensi gelombang entah ke berapa ini. Memang benar sih kewaspadaan pasca mudik kemarin sudah menurun drastis. Semua orang sudah berani membuka masker di luar rumah, sesuatu yang … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Pandemic Diary: PPKM Lanjut Habis Idulfitri

SEMPAT beredar kabar bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM yang sama saja artinya dengan lockdown ala-ala itu akan berakhir segera. Ya bagaimana lagi, wong mudik saja sudah diperbolehkan kok. Mobilitas rakyat sudah jor-joran ke luar rumah, ke tempat wisata … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Lebaran Progresif

MENDENGAR seorang teman berkata tak harus mudik pas Idulfitri ini karena jauh hari sebelumnya sudah mudik, rasanya kok iri juga ya. Kenapa orang Indonesia banyak yang terjebak pada definisi mudik di momen Lebaran saja? Rasanya terkungkung sekali oleh tradisi yang … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Perjuangan Manusia Mencari Makna (Sebuah Ulasan Santai)

VIKTOR FRANKL adalah seorang psikiater berdarah Yahudi yang masa kecilnya yang sangat traumatis. Semua anggota keluarganya kecuali saudara perempuannya mati di kamp Nazi.  Di buku ini, dia mencoba menelisik alasan kenapa seburuk apapun hidup yang dijalani seorang manusia, pasti ada … Continue reading

Posted in writing | Tagged , , , | Leave a comment

Pandemic Diary: Is It Really The End?!

OMICRON yang menandai gelombang ketiga, setelah Delta sebagai gelombang kedua, katanya memang lebih menular tapi tak semematikan varian-varian terdahulu. Apakah Coronavirus makin jinak dan terkendali? Mungkin juga sih. Tapi pemerintah Indonesia sudah optimistis dengan ini dan tak sabar untuk melonggarkan … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Bahas Santai “The Origins of the Slavic Nations” untuk Memahami Akar Konflik Rusia-Ukraina 2022

PERANG Ukraina-Rusia yang sedang berkecamuk sekarang ini membuat orang bertanya-tanya, kenapa ya kok bisa terjadi? Bukannya mereka itu orangnya mirip-mirip. Lihat aja wajah dan perawakannya. Bahasanya juga sebelas dua belas. Buat orang luar, 2 negara ini tuh kayak nggak ada … Continue reading

Posted in writing | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

“Dive!!”: Bakat dan Kerja Keras Sama Pentingnya

PERIBAHASA Thai mengatakan demikian: “Talenta itu terlahir. Bukan diciptakan.” Kita sendiri menemukan fakta di sekitar kita bahwa mereka yang sejak kecil sudah menunjukkan bakat tertentu bakal lebih ciamik saat dewasanya nanti. Bakat ini bisa muncul secara alami, bisa juga karena … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Kemiskinan Pemusnah Empati

KEMISKINAN adalah kekejaman peradaban manusia yang paling menyesakkan. Jika disikapi dengan pragmatisme, kemiskinan memang membuat manusia menjadi terus lapar, selalu merasa kekurangan, padahal ya belum tentu. Saya merasa miris dengan kebiasaan masyarakat kita yang memanfaatkan kemalangan orang lain di jalan. … Continue reading

Posted in writing | Tagged , , | Leave a comment

Bertarung Seperti Lebah, Melayang Bak Kupu-kupu

MUHAMMAD ALI sang petinju legendaris itu pernah berkata: “Float like a butterfly, sting like a bee. You can’t hit what don’t see.“ Di sini ia sepertinya berpesan soal bagaimana seorang petinju mesti bertarung, yakni dengan mencontoh ringannya gaya terbang kupu-kupu … Continue reading

Posted in writing | Tagged , , | Leave a comment

Selamat Datang Gelombang Ketiga

“TBL TBL TBL. Takut banget lohhh🤣“ Begitulah mungkin orang sekarang kalau diberitahu agar waspada gelombang ketiga pandemi ini. Paham sih kalau semua sudah capek mental dan psikologis. Siapa sih yang nggak? Tapi kok seakan kita nggak belajar dari gelombang pertama … Continue reading

Posted in writing | 1 Comment

Let’s Swim

RENANG membuat saya lapar. Entah karena kelamaan di air membuat suhu badan saya menurun sehingga kalori yang terbakar agar suhu badan tetap stabil pun harus lebih banyak. Tapi sebetulnya saya belum bisa berenang. Kalaupun di air ya cuma pakai pelampung. … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Komparasi Hoodie: Mana yang Terbaik?

HOODIE adalah jenis busana penghangat yang saya sangat amat sukai. Tak kurang 12 jaket hoodie ada dalam lemari pakaian saya. Itu saya hitung dalam hati di jalan tadi begitu terlintas ingin beli hoodie baru lagi. Ya Allah betapa tidak minimalis … Continue reading

Posted in miscellaneous, writing | Tagged , , , , , | Leave a comment