Pandemic Diary: Genderang Perang Lawan Kebandelan Masyarakat di Kudus

Lebih mudah memerangi Belanda dan Jepang yang mudah dilihat daripada memerangi virus yang bersarang di dalam badan rekan sebangsa sendiri yang susah dinasihati sampe setengah mati.

Tak pernah saya duga Kudus Semarak kota kelahiran saya jadi begini. Masuk headline nasional cuma karena sikap abai masyarakatnya terhadap bahaya Covid-19.

Antara malu, sedih, prihatin, geram, frustrasi, entahlah namanya apa. Lebih dari nano-nano. Sudah ada campuran cita rasa raflessia arnoldi, tai kebo, ingus ijo, dahak dan riak kenyal dan kenyal, serta congek.

Gimana ya? Ini tuh udah lebih dari setahun pandemi berlangsung, apa iya sih kurang paham bahaya Covid-19? Sudah dibombardir informasi segitu banyak apa iya nggak ada yang masuk kepala? ‘Hebat’ banget lho wong Kudus. Resisten terhadap banjir informasi yang tak henti-hentinya.

Semua konten ini sendiri saya ambil dari grup-grup WhatsApp. Niat saya mau mengabadikan. Buat dipamerkan ke anak cucu kalian semua: “Liat nih dulu itu tahun 2021, kota kelahiran kamu itu kayak gini kondisinya. Di-lockdown ama pemerintah, digeruduk tentara bertruk-truk dari Semarang, dikunjungi gubernur Ganjar, jadi buah bibir skala nasional. Wis jan jan! Tambenge rak mari mari!!! (Udah bener bener deh! Bandelnya nggak sembuh-sembuh).

Sirene meraung-raung memecah gendang telinga mengiringi penyerbuan tiga batalyon berbeda. Luwar biyasakkk!!!

Gubernur yang juga lagi jadi topik pembicaraan dunia politik karena ‘mbalelo’ sebagai kader parte banteng item juga tampil untuk menunjukkan kepedulian dan penanganan yang katanya ‘huMANIS’. Uwh so sweettt.

Saya dukung Anda deh pak.

Sujud syukur saya masih diberi keteguhan hati saat Lebaran kemarin untuk tidak mudik.

Setidaknya saya tidak menjadi bagian dan penyumbang masalah. (*/)

About akhlis

Writer & yogi
This entry was posted in writing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.