Monthly Archives: March 2022

Tirta Lebak Buana: Pemandian Air Panas yang Benar-benar Panas

LEWAT sebuah video YouTube saya tahu di Lebak sini ada sebuah tempat pemandian air hangat yang bisa dikunjungi di akhir pekan. Namanya Tirta Lebak Buana. Lokasinya di Jl. Raya Rangkasbitung-Bogor Km. 37, Jl. Nasional 1, RW.1, Cipanas, Kec. Cipanas, Kabupaten … Continue reading

Posted in miscellaneous | Tagged , , , | Leave a comment

Perjuangan Manusia Mencari Makna (Sebuah Ulasan Santai)

VIKTOR FRANKL adalah seorang psikiater berdarah Yahudi yang masa kecilnya yang sangat traumatis. Semua anggota keluarganya kecuali saudara perempuannya mati di kamp Nazi.  Di buku ini, dia mencoba menelisik alasan kenapa seburuk apapun hidup yang dijalani seorang manusia, pasti ada … Continue reading

Posted in writing | Tagged , , , | Leave a comment

Tahan Lama Nggak Kira-kira (Ulasan Jam Cerdas Olahraga HR 500 Kalenji dari Decathlon)

KALAU Anda pernah baca kejengkelan saya sebagai pengguna smartwatch Garmin yang sudah diskontinu, Anda pasti paham bagaimana saya ingin smartwatch yang lebih tahan lama dalam penggunaannya. Maksudnya penggunaan di sini adalah termasuk pelayanan purnajualnya. Karena begitu dibeli, setelah itu kita … Continue reading

Posted in health | Tagged , | Leave a comment

Dinasti Romanov dan Revolusi Bolshevik (Dari “The Last Czar”)

Kalau ditanya mana keluarga terkaya di dunia? Keluarga Rotschild? Keluarga Guggenheim? Atau … keluarga Romanov? Rotschild dan Guggenheim mungkin bisa menguasai keuangan dunia tapi mereka tak punya wilayah fisik dan rakyat. Sementara keluarga Romanov punya itu semua. Mereka berkuasa selama … Continue reading

Posted in miscellaneous | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Pandemic Diary: Is It Really The End?!

OMICRON yang menandai gelombang ketiga, setelah Delta sebagai gelombang kedua, katanya memang lebih menular tapi tak semematikan varian-varian terdahulu. Apakah Coronavirus makin jinak dan terkendali? Mungkin juga sih. Tapi pemerintah Indonesia sudah optimistis dengan ini dan tak sabar untuk melonggarkan … Continue reading

Posted in writing | Leave a comment

Institusi Pendidikan Tinggi Tak Bisa Dipercaya Lagi?

Di abad ke-21 semuanya berubah. Akses pendidikan seperti pintu gerbang yang terbuka lebar bagi semua orang. Pendidikan juga menjadi alat mobilitas sosial vertikal yang legal di banyak masyarakat. Maksudnya, orang tak peduli latar belakangnya kalau menuntut ilmu dengan baik pasti … Continue reading

Posted in education | Tagged , , , , , | Leave a comment

Bahas Santai “The Origins of the Slavic Nations” untuk Memahami Akar Konflik Rusia-Ukraina 2022

PERANG Ukraina-Rusia yang sedang berkecamuk sekarang ini membuat orang bertanya-tanya, kenapa ya kok bisa terjadi? Bukannya mereka itu orangnya mirip-mirip. Lihat aja wajah dan perawakannya. Bahasanya juga sebelas dua belas. Buat orang luar, 2 negara ini tuh kayak nggak ada … Continue reading

Posted in writing | Tagged , , , , , , , | Leave a comment