Anak-anak di Keluarga Besar Dijatah Lebih Sedikit tapi Berprestasi Lebih

Makin besar urutan seorang anak dalam sebuah keluarga ternyata berhubungan erat pula dengan skor kemampuan membaca yang lebih tinggi, bahkan meski makin banyak jumlah anak yang dilahirkan orang tua yang pada akhirnya mengurangi jumlah investasi mereka untuk masa depan anak-anaknya.

Dalam sebuah studi yang dilaksanakan oleh Marc Frenette dari Social Research and Demonstration Corporation di Kanada, jumlah komputer per anak di rumah tangga Kanada dengan 6 anak 64% lebih rendah dari rumah tangga yang hanya memiliki 2 orang anak. Dan orang tua dalam rumah tangga dengan anak 6 orang memliki kemungkinan 54% lebih rendah untuk dapat menabung demi biaya kuliah anak daripada orang tua dalam rumah tangga dengan 2 anak saja.

Orang tua dalam keluarga yang lebih besar mungkin berpeluang lebih tinggi untuk meninggalkan pekerjaan dan kehadiran mereka dalam rumah mungkin mendorong kemampuan anak-anak itu. Kemungkinan lainnya ialah bahwa investasi dari orang tua pada anak-anaknya akhirnya tidak membuahkan hasil apapun, kata Frenette. (Sumber: Why do larger families reduce parental investments in child quality but not child quality per se?)

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s