Mengenal Odin Mode di Android

Pagi kemarin tiba-tiba ponsel cerdas saya Nexus 2 menampilkan ikon robot hijau dengan tulisan: “Dowloading
Do not turn off target”

Apa maksudnya ini? Saya teliti lagi semua tulisan itu dan saya temukan tulisan “Odin Mode” yang berukuran halus sekali di pojok layar.

Apa itu Odin Mode? Apakah itu artinya ponsel saya rusak? Tidak. Tenang dulu. Ponsel saya masih bisa dipakai sampai sekarang. Normal, berjalan mulus sama seperti sebelumnya. Saya cukup tekan tombol ON/OFF di samping kanan atas dan ponsel kembali reboot ( restart) dan semuanya kembali. Tak ada yang hilang. Jadi kalau Anda menghadapi masalah yang sama, tenang. Tidak berarti smartphone Android kesayangan sedang “sakit”.

Jika cara saya tadi gagal, coba lepas baterai dan mulai hidupkan ulang. Tekan tombol volume saat menghidupkan, saran seseorang di forum droidforums.net.

Odin Mode merupakan mode unduhan yang dibuat dan dimasukkan Samsung ke dalam software ponsel dengan tujuan menyegarkan kembali perangkat Android itu. “Serupa dengan SBF (factory restore) pada perangkat Moto besutan Motorola Mobility. Inilah cara alternatif bagi smartphone untuk kembali ke kondisi awal sebelum diubah-ubah sesuai keinginan pemilik.

Untungnya bagi pemilik Nexus, fastbook juga dapat dipakai.

Dalam kasus saya, penyebabnya bisa jadi kernel baru, atau aktivasi toggle charging cepat.

6 Comments

Filed under technology

6 responses to “Mengenal Odin Mode di Android

  1. ummu arroyyan

    Kalo odin mode di tab gmn ni, udah di off ga mati jga. Batre ga bsa di lepas, mo ke counter jauh hahha……
    Solusinya dunk!!!!!

  2. irfan

    Terima kasih banyak

  3. Aryananda

    Gan, tab saya(samsung galaxi tab2) kemaren tiba” mati langusung odin mode, nah saya biarin tuhh, sekarang saya hidupin, sampe sapuluh menit saya teken tombol on/ofnya ga mau mau hidup, tolong kasi solusi gan

  4. Rahma

    Gan Ane Juga Tab 4 Tabi G Bisa Gi Mana Solusi Nya

  5. Rika Hariant

    Ini hp saya samsung JI ace tiba2 mati trs pas dicharge ada tulisan odin mode(download core)dan lain2.abis itu udah gak bisa diapa2in lagi.itu kenapa ya

Leave a Reply

