Inikah Awal dari Akhir Prospek Bisnis Sekolah Yoga?

Apakah ini akhir propek bisnis sekolah yoga? Hmm, bisa jadi. Atau tidak. Tetapi tahukah Anda sebuah mat cerdas bisa ‘mengajar’ yoga sebagaimana instruktur yoga Anda?

Mat yoga – seperti ponsel – juga bisa makin cerdas rupanya. SmartMat bisa jadi solusi bagi penggemar yoga yang tidak ingin harus hadir ke kelas yoga di gym dan studio yoga yang mahal atau jauh dari tempat tinggal.

SmartMat dalam aspek tertentu memang bisa menggantikan tugas guru yoga. Mat ini memiliki sensor-sensor yang mengukur dan menyeimbangkan postur Anda. Mat ‘ajaib’ itu akan meberikan saran khusus bagi setiap pemakainya agar kualitas latihan yoga mereka bisa meningkat dari latihan ke latihan.

SmartMat juga bisa dihubungkan dengan smartphone kita. Sebelum penggunaan, Anda perlu mengkalibrasinya untuk mengenali pemakainya. Caranya adalah dengan memasukkan data seperti berat dan tinggi badan, usia, jenis tubuh (ecto/endo/mesomorph), hingga bentangan lengan Anda. Agar saran yang diberikan lebih akurat, Anda juga perlu melakukan berbagai pose dasar untuk membantu mat ini mengenali teknik-teknik yoga Anda, yang kerap kali bisa berbeda pada setiap orang.

Bagaimana cara kerjanya? Mat ini akan mengukur tekanan dari bagian tubuh pemakainya dan mampu menentukan postur Anda bahkan mengetahui keseimbangan Anda saat misalnya berdiri di satu kaki dalam pose pohon atau pose natarajasana yang jauh lebih menantang. Mat ini akan memberikan saran agar tubuh lebih seimbang dan kokoh lagi dalam melakukan pose yoga.

Ucapkan selamat tinggal pada guru yoga Anda juga karena mat cerdas ini dilengkapi aplikasi smartphone yang bisa diunduh gratis untuk melengkapi latihan Anda setiap hari. Kelas yoga pribadi Anda tak akan lagi monoton karena aplikasi itu memberikan panduan sepanjang latihan bak guru kesayangan Anda.

Tidak seperti guru yoga Anda, mat ini bisa diatur. Ada 3 mode berbeda yang bisa dipilih menurut selera: Home Use, Class Assist dan Zen Mode. Apa beda masing-masing mode itu? Untuk dua mode di awal, Anda akan diberi saran perbaikan (adjusting) secara real time. Khusus Zen Mode, mat tidak akan ‘cerewet’ memberikan masukan saat Anda masih melakukan gerakan tetapi menyimpan masukan nanti setelah Anda selesai agar konsentrasi Anda tidak terganggu.

Nah, kalau diadu soal harga, mat cerdas ini pastinya jauh lebih mahal dari mat Lulu Lemon atau Manduka Anda sekarang. Satu helai mat dibanderol 297 dollar AS (jika Anda beli sekarang dengan mendukung kampanye mereka di Indiegogo) tapi jika Anda membeli nanti setelah kampanye mereka usai, Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi yaitu 447 dollar AS. Kampanye mereka akan berakhir 30 Oktober nanti. Dan untungnya, mereka sudah meraup 196% dukungan dana dari orang-orang yang berminat.

Neyma Jahan adalah ‘dalang’ di balik SmartMat. Ia mengklaim SmartMat sebagai mat responsif pertama di dunia, yang mungkin akan ‘sedikit’ mengurangi lapangan kerja bagi guru-guru yoga di seluruh dunia.

Namun, menurut hemat saya tetap saja ada bedanya antara menggunakan mat secerdas apapun dengan masuk ke kelas dan dipandu guru yoga yang berwujud manusia biasa. Lagipula, mengingat harganya yang tidak murah, berapa orang di dunia yang mau membeli dan menggunakan mat cerdas ini? Rp 3 juta lebih hanya untuk sebuah mat??? Boleh jadi kalau Anda memang hartawan yang sudah bingung bagaimana cara membuang uang. Akan tetapi bagi kebanyakan peminat yoga yang masih ‘angin-anginan’ (belum semilitan mereka yang terjun sebagai profesional), kesediaan membayar demikian mahal untuk sebuah mat masih dipertanyakan.

Terlepas dari kontroversi apakah mat pintar ini bisa menggerus lapangan kerja para guru yoga di masa depan, saya berani bertaruh bahwa mat ini tidak akan bisa menggeser peran guru yoga yang KOMPETEN dan TULUS dalam mengajar. Percayalah, TIDAK akan ada teknologi yang bisa menggantikan penghayatan dan ketulusan Anda dalam mengajar. Namun, jika Anda memang guru yoga yang tidak mau terus mengasah pengetahuan dan pengalaman, mat cerdas ini harus dianggap sebagai ancaman besar.

Leave a comment

Filed under yoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s