Masih tentang Politik

‎Politik itu cuma permainan. Tak sebaiknya dianggap terlalu serius seperti urusan hidup atau mati, ya kecuali kalau Anda dan keluarga sudah terjun serius ke dunia politik. Silakan saja berjuang sampai titik darah penghabisan.

Tetapi untung bu ‎kos dan keluarganya tidak. Ada 3 orang yang sudah memiliki hak pilih dalam keluarganya tetapi toh mereka masih bersatu. Tidak sampai saling adu mulut.

“Kalau bapak pilih Prabowo,kak,”tukasnya. Kok tahu? Suaminya sendiri yang mengakui. Saat saya tanya mengapa suaminya memilih Pra‎bowo, bu kos cuma menggeleng lemah,”Kurang tahu.”

Ia sendiri lebih nyaman menjatuhkan pilihan pada Jokowi. Ia pernah berkata pada saya,”Para nelayan di Cirebon tuh pada ikrar coblos Jokowi, karena mereka takut ditembakin Prabowo kalau kepilih. Tau sendiri kan Prabowo.” Dengan latar belakang sederhana, bu kos bukan orang yang muluk-muluk tetapi juga tidak suka pasrah. Ia mau anaknya lebih sukses. “Harus jadi orang,”tegasnya seolah itulah misi dan visi utamanya dalam bekerja setiap hari. Dari memasak, mencuci pakaian orang lain sampai menyeterika di malam harinya ia lakukan demi masa depan anak-anaknya.

Lain lagi dengan anak laki-lakinya yang jelang dewasa. Ia sudah mantap dengan Prabowo, seperti sang ayah. “Hebat Prabowo, mah. Naik kuda, pesawat, gagah. Kalau Jokowi… apanya???” Tempo hari saat ia bersama saya menghadiri aksi damai di Bundaran Hotel Indonesia yang kebetulan dihadiri Prabowo Subianto dan politisi-politisi rekanannya, ia tampak senang dan gembira. Ia merasa menemukan kawanannya, sementara saya kebingungan dan miris. “Potoin yah,”pintanya saat menemukan spanduk bernada pembelaan habis-habisan pada Palestina di sore itu. ‎Saya potret ia saat memegang spanduk itu dengan bangga. “#SaveGaza,”demikian yang tertulis di permukaan spanduk itu. Lalu ia unggah ke Whatsapp, BBM, dan Facebook. Jadilah profile picture yang menarik.

‎Tidak ada yang bisa memaksa memilih yang lain. “Pilihan kan sendiri-sendiri,”tuturnya. Ya, begitu juga pikirku. Tak perlu terlalu serius kan menyikapi politik?

Leave a comment

Filed under miscellaneous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s